Harapkan PLBN Jadi Embrio Ekonomi

id Peninjauan, Infrastruktur,Perbatasan

Harapkan PLBN Jadi Embrio Ekonomi

PLBN SEI PANCANG : Pjs Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi saat meninjau proses pembangunan PLBN Sei Pancang, Sebatik, Nunukan, Rabu (14/10). (humasprovkaltara)

Nunukan (ANTARA) - Tiba di Bandara Nunukan, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Teguh Setyabudi langsung bertolak ke Kecamatan Sebatik untuk melakukan peninjauan progres pembangunan infrastruktur di perbatasan. Kunjungan pertama adalah, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang berlokasi Sei Pancang.

Teguh menyampaikan pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan sebagai pos pemantauan perlintasan antar negara, namun juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dengan demikian kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. “Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan,” katanya, Rabu (14/10). Pembangunan PLBN Terpadu Sei Pancang di Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan telah dimulai pada 24 Februari 2020 dan ditargetkan selesai pada 17 Juli 2021.

Seperti diketahui, pembangunan PLBN ini dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kaltara Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan ruang lingkup pekerjaan meliputi bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, lansekap, pekerjaan interior, X-Ray cabin baggage, metal detector, jalan dan parkir kendaraan, jembatan serta mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP) kawasan. Bangunan utama akan dibangun setinggi 3 lantai seluas 5.613 meter persegi, mess pegawai dibangun setinggi 2 lantai dengan luas 1.904 meter persegi dan Wisma Indonesia dibangun setinggi 2 lantai seluas 1.888 meter persegi.

Selanjutnya, PLBN Terpadu Labang di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan akan mulai dibangun pada Oktober 2020 dan direncanakan selesai pada pertengahan 2022 dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Pembangunan PLBN ini meliputi pekerjaan bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, Patung Garuda dan lansekap.

Di Kabupaten Malinau, Kementerian PUPR akan membangun PLBN Terpadu Long Nawang yang berlokasi di Kecamatan Kayan Hulu. Pembangunan PLBN ini dimulai pada Juni 2020 dan ditargetkan selesai pada Desember 2021 dengan anggaran sebesar Rp 259,34 miliar. Lingkup kegiatan pembangunan PLBN ini meliputi pekerjaan bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, masjid dan lansekap. Pembangunan keempat PLBN Terpadu di Provinsi Kaltara ini diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.