Khabib, lahirnya atlet UFC "terbaik sepanjang masa"

id Khabib,Ufc

Khabib, lahirnya atlet UFC "terbaik sepanjang masa"

Khabib, lahirnya atlet UFC "terbaik sepanjang masa"

Tanjung Selor (ANTARA) - Usai membuat Gaethje pingsan dengan TKO melalui Triangle Choke ronde ke-2 dan mempertahankan kelas ringan pada laga UFC 254 di Abu Dhabi, Khabib Nurmagomedov
menyatakan pensiun dan meminta satu hal kepada UFC.

Permintaannya agar UFC menjadikan ia sebagai ranking terbaik "pound for pound".

Petarung berusia 32 asal Dagestan itu kini mencatat ekor kemenangan beruntun terlama di UFC.

Makna "pound for pound", yakni tanpa melihat berat badan petarung atau berat badan dianggap sama. Apabila mereka dikumpul semua, maka Khabib yang terbaik.

Namun, JonJones petarung UFC yang kini pindah ke kelas berat tidak terima rangkingnya diminta Khabib karena ia merasa lebih hebat dari petarung Dagestan itu berdasarkan penilaiannya sendiri.

Baca juga: Khabib membuat Geathje pingsan

Ia lupa bahwa wajah Khabib tidak pernah bonyok seperti dirinya saat bertanding. Khabib tidak pernah menang kontoversi seperti dirinya. Juga khabib tidak pernah didiskualifikasi karena berlaku curang melanggar aturan permainan serta doping seperti dirinya.

Pada 8 Februari lalu, Jones mengalahkan Dominick Reyes untuk tetap menjaga statusnya sebagai juara dunia dengan keputusan kontroversi, banyak yang berpendapat bahwa harusnya Reyes yang menang.

Rekor Jones sempat ternoda. Bertarung 28 kali, dia mencatat 26 menang, 1 kalah, dan 1"no contest".

Satu-satunya kekalahan Jones terjadi pada 5 Desember 2009 ketika dia didiskualifikasi karena melakukan sikutan ilegal melawan Matt Hamill. Ia menggunakan sikut vertikal yang sangat membahayakan bola mata lawan.

Sementara itu, ketika menghadapi Daniel Cormier pada UFC 214, 29 Juli 2017, Jones dianggap tidak pernah bertarung alias"no contest" karena positif menggunakan zat terlarang berjenisturinabol.

Baca juga: Ini bayaran untuk laga pemungkas Khabib saat kalahkan Geathje


Usai laga terakhir, Khabib langsung memutuskan mundur.

Kematian sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov Juli lalu, adalah salah satu faktor utama yang mendorong thrEagle mengakhiri kariernya di UFC.

Ia juga sudah berjanji dengan ibunya bahwa pertarungan melawan Gaethje adalah laga terakhir.

Meski bertanding 29 kali dan cuma mempertahankan gelar tiga kali tetapi Khabib tidak pernah kalah dan selalu tampil dominan dan tidak pernah menang kontroversial.

Tak butuh waktu lama, UFC menganugerahkan Khabib peringkat terbaik "pound for pound".

Dengan menyatakan pensiun, maka rangking "pound for pound UFC" bisa saja dengan cepat berpindah tahta karena banyak petarung hebat untuk semua kelas, di sana ada Israel Adesanya, Stipe Miocic, dan Usman Kamaru.

Namun, yang tak akan tergantikan Khabib juga pantas mendapat gelar "GOAT" (Greatest of all Time) atau "terbaik sepanjang masa".

Dana White, Presiden UFC mengatakan Khabib Nurmagomedov layak diberi titel petarung UFC"Greatest of all time". Dana White mengatakan akan membuat patung untuk Khabib.


Beruntunglah jika anda menonton laga Khabib, meskipun hanya melalui siaran langsung karena menjadi saksi hidup seorang atlet yang kini penyandang gelar GOAT.


Baca juga: Gaethje janji hentikan hegemoni Khabib Nurmagomedov di UFC 254

Baca juga: Khabib kantongi Rp84 Miliar

Baca juga: Khabib tundukkan Poirier