Teknologi ponsel layar gulung dari Oppo

id Layar gulung Oppo

Teknologi ponsel layar gulung dari Oppo

Oppo perkenalkan ponsel layar gulung

Jakarta (ANTARA) - Oppo memperkenalkan ponsel konsep dengan layar yang dapat digulung, Oppo X 2021, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan format ponsel dan tablet dalam satu perangkat, dalam perhelatan OPPO INNO DAY 2020.

"Teknologi ini berbeda dengan layar tradisional, bisa berjalan dengan baik, menggunakanroll motor, sehingga tarikan yang terjadi tiba-tiba tidak akan merusak layar," ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam konferensi virtual, Selasa.

Oppo X 2021 dikembangkan dengan inovasi layar berjeniscontinuously variableOLEDdisplayyang dapat memiliki dua ukuran. Ukuran terkecil layar ini sebesar 6,7 inci, sementara ukuran terbesarnya sebesar 7,4 inci.

Konsep perangkat ini juga membawa tiga penemuan teknologi yang menjadi hak milik Oppo, antara lain Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track.

Baca juga:Oppo luncurkan algoritma baru untuk navigasi ponsel

Baca juga:Oppo A92 6GB, pesaing Poco X3 NFC dan Realme 7


"Teknologi layar pelat 2 in 1, struktur sebuah sisir layar. Bagian kiri dan kanan ketika digulung memiliki celah 0, benar-benar rapat untuk menjaga tetap mulus," kata Aryo.

Dalam proses pengembangan perangkat Oppo X 2021, Oppo telah mengumpulkan berbagai pengalaman termasuk hak paten. Khusus untuk Oppo X 2021, Oppo telah mengajukan 122 paten, yang mana 12 di antaranya terkait dengan mekanisme pada layar gulung.

Oppo X 2021 merupakan bentuk eksplorasi Oppo untuk mengejar bentuk baru sebuahsmartphonemasa depan. Eksplorasi ini telah dilakukan Oppo sejak 2013 saat merilis Oppo N1, perangkat pertama di dunia dengan kamera berputar 206 derajat.

Seri ponsel cerdas inovatif dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan kehadiran Oppo N3, yang dilengkapi kamera putar motorik. Oppo kembali melanjutkan proses eksplorasi dengan meluncurkan Find X pada 2018, yang memiliki strukturdual-trackperiskop dan dapat menyembunyikan kamera serta 11 komponen lainnya di dalam ponsel.

Keberadaan layar gulung akan memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan.

"Kegunaan untuk membaca e-book, bermaingames, untuk menonton multi media dengan layar lebih lebar, bahwa pergeserannya sangat halus, seperti bukan terjadi dua bagian," kata Aryo.

Namun, Aryo menekankan bahwa produk konsep yang diumumkan pada OPPO INNO 2021 tersebut masih dalam pengembangan uji coba untuk diwujudkan.

"Karena berupa konsep harganya berapa, spek pastinya belum tahu, jadwal peluncuran belum jelas. Oppo berkomitmen untuk mewujudkan lebih lanjut disempurnakan menjadi produk nyata," ujar Aryo.

Baca juga:Tak hanya Samsung, Oppo isyaratkan pamer "ponsel gulung" di INNO Day

Baca juga:Oppo perkenalkan Reno4 edisi Mo Salah

Baca juga:Tips merawat baterai ponsel
Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri