Dadang Hawari, psikiater sekaligus pendakwah kondang itu berpulang

id Dadang Hawari,Corona

Dadang Hawari, psikiater sekaligus pendakwah kondang  itu berpulang

Dadang Hawari, psikiater sekaligus pendakwah itu berpulang

Jakarta (ANTARA) - Psikiater sekaligus Guru Besar Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-RSCM, Prof. Dadang Hawari meninggal dunia pada Kamis ini sekitar pukul 15.10 WIB.

Kabar kepergian Dadang diungkapkan Humas PB IDI, dr. Halik Malik melalui pesan elektroniknya, pihak FKUI, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM Ari Fahrial Syam dan dokter di FKUI, Irzan Nurman melalui laman Twitter mereka.

"Innalillahi wainailaihi rojiuun.... Telah berpulang ke Rahmatullah Prof. dr.dr. H. Dadang Hawari pada hari ini Kamis 3 Desember 2020 pukul 15.30 di RSCM..," kata Halik kepada ANTARA, Kamis.

Sementara itu, Irzan mengabarkan, mendiang Dadang sempat dirawat di rumah sakit karena COVID-19 bersama sang istri. Baik Ari, Irzan maupun Halik mewakili IDI turut mendoakan mendiang Dadang yang dikenal sebagai psikiater terkenal dalam penanggulangan penyalahgunaan NAPZA di Indonesia itu husnul khotimah.

"Semoga Husnul khotimah dan diampuni segala dosa-dosanya.. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin....(Kami) Ikut menyampaikan duka mendalam dan belasungkawa atas wafatnya Prof Dadang Hawari beliau adalah guru dan senior teladan," tutur Halik.


Dadang Hawari lahir di Pekalongan, Jawa Tengah pada 16 Juni 1940. Lulusan FKUI itu, semasa hidup, beliau kerap menjadi narasumber berbagai media massa nasional untuk berbagai kasus dari tinjauan psikologi.

Selain sebagai psikiater, dia juga dikenal sebagai agamawan yang mengisi ceramah masalah kesehatan.

Semasa hidup, Dadang sudah meraih berbagai penghargaan antara lain M. H. Thamrin Internasional Hospital Award (Sistem Terpadu NAZA) pada tahun, 2001 dan 2002 (Detoksifikasi Tanpa Anestesi dan Substitusi).

Kemudian, Bakti Eka Tama Award (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) pada tahun 2002; ASEAN Federation for Psychiatry and Mental Health Award di Manila tahun 2003; United Nations Office on Drugs and Crime di New York pada tahun 2003; dan Penghargaan Utama Penanggulangan Bahaya Narkoba (BNN) di Jakarta tahun 2004.


Baca juga:Prof Dadang Hawari: Agama Sumber Kesehatan Jiwa dan Raga

Baca juga:Ma`ruf Amin ingin terus berdakwah ketika terpilih jadi wapres

Baca juga:Wapres minta Menag revisi rekomendasi pendakwah
Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani