Pemprov Kaltara tambah laboratorium terpadu untuk pemeriksaan tes usap

id covid

Pemprov Kaltara tambah laboratorium terpadu untuk pemeriksaan tes usap

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kaltara, Usman. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menambah lagi laboratorium terpadu untuk pemeriksaan tes usap COVID-19 di Tanjung Selor, Bulungan.

"Laboratorium terpadu ini bukan hanya untuk memeriksa tes swab (tes usap), tapi juga penyakit menular lainnya seperti TB (tuberculosis) dan hepatitis," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kaltara, Usman saat dihubungi dari Tarakan, Selasa.

Perangkat laboratorium terpadu ini ditempatkan di dekat Kantor Dinkes Provinsi Kaltara di kawasan Jalan Rajawali, Tanjung Selor.

"Peralatan pemeriksaan untuk tes swab (tes usap) sebanyak 138 sample satu shift perdua jam, sehari bisa sampai tiga shift," kata Usman.

Penambahan laboratorium pemeriksaan tes usap ini, diharapkan tidak lagi mengirim sampel ke Jakarta atau Surabaya yang menunggu hasilnya lama.

Selain itu, di Kaltara ada tiga laboratorium PCR untuk pemeriksaan tes usap, dimana ketiganya berada di Tarakan yakni Rumah Umum Kota Tarakan (RSKT), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan milik Pemprov Kaltara dan Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Ilyas.

Saat ini jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Kaltara sebanyak 1.868 orang, meninggal dunia 22 orang, masih dirawat 647 orang dan yang sudah sembuh 1.199 orang.
Baca juga: Patuhi SOP, Limbah Medis Covid-19 Dimusnahkan di Incinerator
Baca juga: Vaksin COVID-19 Sinovac tiba, Indonesia terima 1,2 juta dosis