Percepatan Penanganan Covid, BPBD Kaltara Kedatangan Ribuan Bantuan BNPB

id Bantuan, Logistik, BNPB

Percepatan Penanganan Covid, BPBD Kaltara Kedatangan Ribuan Bantuan BNPB

Pendataan bantuan dari BNPB (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyalurkan bantuan logistic dan peralatan untuk mempercepat pemeriksaan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Bantuan yang terdiri dari 3.000 test PCR Intron lilif, 2.000 RNA Intron dan 1.000 test VTM Jun Nuo tiba di Kaltara, pada Jumat (15/1/2021) lalu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara Andi Santiaji Pananrangi mengungkapkan bantuan tersebut tiba di Bandara Juwata Tarakan pada pukul 19.40 Wita dan sudah berada di laboratorium RSUKT Tarakan.

“Bantuan ini kita stanbykan di RS Umum Kota Tarakan. Sedangkan untuk kabupaten lainnya akan kita salurkan Rapid Tes Swab Antigen. Tapi kembali lagi untuk penyalurannya kita sesuaikan dengan kebutuhan maupun permintaan dari kabupaten," kata Andi Santiaji, Sabtu (16/1/2021) sore.

Santiaji juga berharap datangnya logistic dan peralatan untuk mempercepat pemeriksaan Covid-19 ini agar tidak membuat masyarakat lalai untuk berperilaku hidup sehat. Salah satunya penerapan protokol kesehatan. "Agar memprioritaskan diri untuk berada di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk kegiatan yang mendasar, dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta hindari kerumunan dan menerapkan perilaku hidup sehat,"pintanya.

Selain menjaga potensi penularan Covid-19, Kalak BPBD Kaltara berharap agar masyarakat tetap waspada dengan bencana lainnya seperti banjir dan tanah longsor yang disebabkan faktor cuaca.

Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar