Optimalisasi potensi, Gubernur Kaltara minta dukungan KKP

id Pemprov,Potensi perikanan

Optimalisasi potensi, Gubernur Kaltara minta dukungan KKP

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP di Jakarta, Senin (19/4). Dokumen Diskominfo Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara meminta dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam upaya optimalisasi potensi daerahnya.

"Saya telah memaparkan potensi dan minta dukungan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono," kata Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang di Jakarta, awal pekan ini.

Hal itu disampaikan usai bertemu orang nomor satu di KKP dalam Kabinet Indonesia Maju yang menggantikan menteri sebelumnya, yakni Edhy Prabowo.

Ia menjelaskan bahwa sesuai geografis yang sebagian wilayahnya berada di kawasan pesisir, maka potensi kelautan dan perikanan cukup besar.

"Salah-satunya potensi yang sangat menjanjikan, yakni komoditas udang windu yang sudah terbukti menjadi primadona di pasar Jepang," kata Zainal.

Namun, imbuhnya pengelolaan tambak-tambak budi daya belum maksimal karena masih berjalan konvensial tanpa adanya sentuhan teknologi.

“Saya berharap ada dukungan dan bantuan program penguatan dari Kementerian KKP di sektor perikanan, budidaya udang windu serta pengembangan rumput laut di Kaltara," katanya.

Apalagi, Kaltara adalah penghasil rumput laut terbesar di tanah air.

Dengan potensi rumput laut begitu besar selama ini belum begitu besar memberi kontribusi bagi masyarakat dan pemda karena langsung dijual sebagai bahan baku.

Jadi perlu dukungan teknologi agar bisa diolah menjadi produk hilirnya dari sebuah industri, mengingat potensi pasar tersedia di Malaysia.

Dukungan Data

Menanggapi hal tersebut, Trenggono meminta Pemerintah Provinsi Kaltara juga jeli membaca potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kaltara.

Di antaranya harus memiliki data yang jelas mengenai potensi yang ada, baik di sektor perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

“Data sangat penting dalam mendukung pengambilan keputusan sehingga program-program yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya,” kata Trenggono.

Pada prinsipnya dia mendukung pemerintah Kaltara yang sedang berupaya mengelola sektor kelautan dan perikanannya agar lebih produktif.

Trenggono juga meminta jajarannya turun tangan membantu pemerintah daerah. Dalam waktu dekat, beberapa dirjen di lingkungan Kementerian KKP akan melakukan kunjungan kerja ke Kaltara guna menajamkan program-program kelautan dan perikanan unggulan di Kaltara.

“Saya ingin Kaltara bisa mewujudkan keinginan Presiden Jokowi dalam memaksimalkan produk kelautan kita yang bersaing di pasar internasional. Dan saya yakin, Kaltara bisa mewujudkannya,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Kaltara didampingi Asisten Pemerintahan Umum Datu Iqro Ramadhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Syarullah Mursalim dan Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur – Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi.