Fase pencarian KRI Nanggala-402 dinaikkan dari submiss menuju subsunk

id Kri,Kapal selam,Nanggala

Fase pencarian KRI Nanggala-402 dinaikkan dari submiss menuju subsunk

Fase pencarian KRI Nanggala-402 dinaikkan dari submiss menuju subsunk

Jakarta (ANTARA) - Pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 telah dinaikkan fasenya, dari fase submiss (hilang) menuju fase subsunk (tenggelam).

"Saya atas nama Panglima TNI menyampaikan rasa prihatin yang mendalam. Kita bersama-sama mendoakan supaya pencarian ini terus bisa dilaksanakan dan bisa mendapatkan bukti-bukti kuat," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjantosaat konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu.

Panglima TNI menjelaskan bahwa operasi Search and Rescue (SAR) di perairan Bali telah memasuki hari keempat sejak dinyatakan hilang pada hari Rabu (21/4).

Sejak awal, seluruh komponen yang dikerahkan telah bekerja semaksimal mungkin untuk mencari keberadaan KRI Nanggala-402 yang membawa 53 personel terbaik TNI AL.

"TNI Angkatan Laut bersama Polri, Basarnas, KNKT, serta negara sahabat telah berupaya semaksimal mungkin mencari keberadaan KRI Nanggala-402," ucap Panglima TNI dalam siaran persnya.

Baca juga: Kasal sampaikan kemungkinan oksigen KRI Nanggala-402 tahan 5 hari

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa pada Sabtu dini harimerupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen bagi seluruh ABK kapal.

Namun, hingga batas akhir live support tersebut, kata Marsekal Hadi, keberadaan kapal juga tidak bisa ditemukan.

Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bahwa tim pencarian KRI Nanggala-402 telah menemukan barang-barang, yaitu pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan botol oranye pelumas periskop kapal selam.

"Ditemukan juga alat yang dipakai ABK Nanggala untuk salat dan spons untuk menahan panas pada freshroom," ucapnya.

Dengan adanya bukti autentik tersebut, kata Yudo, pada saat ini diisyaratkan dari submiss menjadi subsunk.

Baca juga: Kasal sebut adanya tumpahan minyak diduga karena tangki bocor
Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro