Kadin Kaltara harapkan dukungan gubernur gandeng mitra nasional

id Pemprov

Kadin Kaltara harapkan dukungan gubernur gandeng mitra nasional

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat bertemu Ketua Kadin Kaltara, Kilit Laing di Tanjung Selor, Rabu (23/06/2021). HO - Dinas KISP Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Utara mengharapkan dukungan gubernur dalam menggandeng mitra nasional.

"Kami minta Pak Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang dapat menjembatani pengusaha lokal dengan investor nasional yang masuk membawa investasi besar," kata Ketua Kadin Kaltara, Kilit Laing di Tanjung Selor, Rabu usai bertemu Gubernur Zainal.

Ia menjelaskan dengan begitu pengusaha lokal di Kaltara ini mendapatkan ruang untuk bermitra.

Selain itu, Kadin bersama para asosiasi pengusaha lokal di Kaltara mengusulkan adanya Peraturan Gubernur (Pergub).

Diharapkan Pergub tersebut dapat melindungi dan mengikat para pengusaha lokal untuk bermitra dengan investor luar.

"Intinya yang kami minta ketika ada investasi di Kaltara, kami para pengusaha lokal dapat dihubungkan dan dilibatkan agar dapat bermitra dengan kami," kata Kilit.

Selain menyampaikan beberapa aspirasi para pengusaha lokal, pihaknya juga tengah merancang terobosan baru untuk pengusaha lokal di Kaltara, yaitu dengan mengajak pelaku usaha lokal agar dapat berinovasi.

"Contoh inovasi yang bisa dilakukan, jika saat ini lagi tren tanaman porang, pelaku usaha kita bisa menciptakan usaha dengan cara bertani atau berkebun, jadi jangan cuma mengandalkan proyek saja," katanya.

Lilit mengungkapkan bahwa dengan membuka usaha baru ini butuh modal yang tidak sedikit, Kadin Kaltara menginginkan adanya campur tangan pemerintah dalam hal ini.

Misalnya Pemprov Kaltara bisa memfasilitasi pengusaha lokal dengan perbankan, agar mendapatkan kredit modal usaha yang ringan.

"Dari Pemprov fasilitasi saja agar dapat kredit modal, nanti yang dapat kredit modal harus dilihat lagi dan tidak sembarang meminjam kredit modal," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Zainal A. Paliwang memastikan, apa yang menjadi kendala dan aspirasi Kadin dan pelaku pengusaha lokal di Kaltara ini akan coba diakomodir.


"Ke depan akan kita buatkan Pergub untuk pengusaha lokal, kemudian pemberdayaan kontraktor dan konsultan lokal," katanya.

Termasuk mengadakan pelatihan termasuk tadi disampaikan Kadin Kaltara siap membantu jasa konsultan gratis jika diperlukan Pemprov.

Terkait adanya keluhan para pelaku usaha terkait kendala susahnya berkompetisi mendapatkan proyek lelang, Gubernur Zainal menegaskan, semua pelaku usaha di Kaltara berhak mengikuti proyek lelang di lingkungan Pemprov Kaltara, termasuk lelang proyek pendidikan.

"Silahkan saja ikut proyek lelang apa pun, yang terpenting para pelaku usaha di Kaltara ini mumpuni, memenuhi kriteria yang ada dan memiliki kelengkapan administrasi," kata Gubernur.

Baca juga: DPMPTSP Kaltara berencana menyusun peta investasi
Baca juga: PT. Japfa Comfeed Indonesia tertarik investasi di Kaltara
Baca juga: Bahlil ungkap awal mula usul buka investasi miras di empat provinsi