Wagub Apresiasi Kinerja TNI Dalam Menjaga Stabilitas Negara

id Pemprov

Wagub Apresiasi Kinerja TNI Dalam Menjaga Stabilitas Negara

Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Yansen TP saat menghadiri upacara peringatan HUT TNI di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan, Selasa (5/10). ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Memperingati HUT yang ke 76 tahun, TNI dari berbagai unsur Darat, Laut dan Udara menggelar upacara peringatan HUT TNI di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan, Selasa.

Upacara peringatan HUT TNI ke 76 tahun ini dihadiri langsung Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. Yansen TP. M.Si bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya di Kaltara.

Wagub menjelaskan, pada HUT yang ke 76 tahun ini TNI dari berbagai unsur telah bekerja keras dengan baik menjaga stabilitas negara dengan baik. Sehingga, terciptanya kemanan dan ketertiban bangsa, termaksud di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia, di Kaltara.

“Saya ucapkan selamat HUT TNI ke 76 tahun, kita patut bersyukur di usia 76 tahun ini TNI masih bekerja keras menjaga kedaulatan negara, jadi ini bukti nyata TNI kuat dalam menjaga keamanan kedaulatan negara di seluruh bangsa, termaksud di Kaltara ini,” kata Yansen.

Sebagai kawasan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Wagub menegaskan, peran TNI beserta jajarannya dan Polri sangat penting.

Apalagi, seperti diketahui di Kaltara ini masih banyak pintu masuk yang rawan digunakan pelaku kejahatan, baik trafficking dan narkoba yang segera perlu disikapi.

“Selain Polri, TNI menjadi andalan kita dalam hal penanganan wilayah perbatasan, dengan harapan TNI dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin, agar wilayah perbatasan kita tetap aman dan kedaulatan negara dapat terjaga dengan baik,” tegas Wagub.

Tidak hanya itu, Wagub juga sangat bersyukur dengan keberadaan TNI di Kaltara. Bagaimana tidak, di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini TNI turut aktif melaksanakan tugasnya dengan baik, membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal menekan penyebaran COVID-19.

“Semoga apa yang dilakukan TNI ini dapat terus berlangsung, hingga saat ini kita terbebas dari Covid-19,” kata Yansen.

Dia yakin jika TNI, Polri dan pihak lainnya bersinergi dengan Pemda melaksanakan tugas dengan baik, maka COVID-19 bisa ditangani bersama, sehingga bisa kembali pada situasi normal dan melanjutkan pembangunan baik di pusat dan daerah.

Wagub memastikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan terus bersinergi dengan TNI, Polri dan instansi lainnya. Termaksud, memberikan dukungan dalam setiap kegiatan yang dilakukan TNI dan Polri di Kaltara.

“Bisa kita lihat bersama, dalam situasi sekarang ini kegiatan yang dilakukan TNI selalu didukung Pemprov Kaltara, meski dukungan itu belum bisa maksimal tapi tetap bisa mendukung kelancaran operasi TNI dan Polri,” ungkapnya.

Di HUT TNI yang ke 76 tahun ini, Wagub berharap, TNI sebagai harapan penegakan tata negara dapat bekerja sama dengan Polri, Pemda dan masyarakat, karena dengan saling bekerja sama maka kita akan semakin kokoh dalam menjaga kedaulatan negara.
Baca juga: Pelaku UMK Perempuan Sebanyak 45,09 Persen di Kaltara