Tekad Bupati Bulungan kembangkan potensi wisata daerah

id Hut,Birau,Wisata

Tekad Bupati Bulungan kembangkan potensi wisata daerah

Tekad Bupati Bulungan kembangkan potensi wisata daerah (ANTARA/Iskandar Zulkarnaen)

Tanjung Selor (ANTARA) - Bupati Bulungan Syarwani menyatakan melalui perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) daerah yang rutin menjadi upaya mengembangkan berbagai potensi wisata di kawasan "Bulu Tengon" itu.

"Dengan kegiatan HUT setiap tahun diharapkan bisa mengembangkan berbagai potensi wisata Bulungan," kata Bupati Syarwani di Tanjung Selor, Jumat.

Hal itu diutarakan usai acara pemberian gelar kehormatan kepada beberapa tokoh oleh Lembaga Adat Kesultanan Bulungan di
"Ruma Raya" (rumah besar) eks Mangkubumi (Perdana Menteri) Kesultanan Bulungan almarhum Datu Mansyur, Jumat (15/10/2021).

Ia menyebutkan banyak potensi wisata di Bulungan baik keindahan alamnya, keanekaragaman budaya (keraton, pesisir dan pedalaman) serta obyek wisata sejarah dan religi.

"Baru sebagian yang kecil yang tergaraf sehingga melalui perayaan HUT rutin maka kita berupaya mengoptimalkan," katanya.
Tekad Bupati Bulungan kembangkan potensi wisata daerah (ANTARA/Iskandar Zulkarnaen)


Perayaan HUT sempat terhambat oleh beberapa kendala, termasuk pandemi sehingga tahun ini baru digelar lagi meski dilakukan secara sederhana dan dengan protokol kesehatan ketat.

Ia berharap jika berbagai masalah bisa teratasi termasuk pandemi COVID-19 maka perayaan HUT bisa rutin dan kian meriah untuk memperkenal potensi wisata daerah baik untuk wusatawan dalam negeri maupun mancanegara.

HUT dirayakan setiap 12 Oktober. Pada 2021 ini, bertepatan HUT ke-61 untuk Kabupaten Bulungan dan ke-231 Tanjung Selor.

Tekad Bupati Bulungan kembangkan potensi wisata daerah (ANTARA/Iskandar Zulkarnaen)

Pada hari ini, dalam rangkaian HUT, digelar tahlilan usai Jumatan, ziarah ke makam para sultan Bulungan dan kerabatnya di belakang Masjid Sultan Muhammad Kasimuddin dilanjutkan pemberian gelar kehormatan.

Makam para sultan dan bangsawan Kesultanan Bulunganitu antara lain Sultan Muhammad Maulana Kasimuddin, Sultan Achmad Sulaiman dan Sultan Muhammad Maulana Djallalluddin dan Mangkubumi/Perdana Menteri Datuk Mansyur dan Menteri II/kepala Kantor Agama Pertama Datuk Muhammad Saleh

Gelar kehormatan selain untuk Bupati, juga Wakil Bupati Ingkong Ala, Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona dan Dandim 0309/Bulungan Kol Inf Akatoto.

Baca juga: IPSS Kaltara Sambut HUT Kaltara ke-9 Dengan Race Boat Cup
Baca juga: Matra: berjuang melalui ketahanan budaya
Baca juga: Matra: Pesona budaya Bulungan Harus Dilestarikan
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021