Fase persiapan pemilu serentak di KPU Tana Tidung terus berjalan

id Kebakaran

Fase persiapan pemilu serentak di KPU Tana Tidung terus berjalan

Peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu malam (10/8) sekitar pukul 18.40 Wita dan pada pukul 21.00 Wita api berhasil dipadamkan oleh Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Tana Tidung. ANTARA/HO - Satuan Reskrim Polres Bulungan.

Tarakan (ANTARA) - Pasca kebakaran yang terjadi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara pada fase persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 terus berjalan.

"Insya Allah terus berjalan, karena untuk sementara verifikasi administrasi itu dilakukan oleh kantor pusat (KPU, red) dengan menggunakan Sipol (Sistem Informasi Partai Politik)," kata Ketua KPU Kabupaten Tana Tidung Hendra Wahyudhi. T saat dihubungi dari Tarakan, Kamis.

Kemudian bila ditemukan kesalahan sistem administrasi yang dilakukan oleh partai politik (parpol) di tingkat kabupaten/kota, maka KPU Pusat akan memberikan arahan dan petunjuk melalui sistem aplikasi yang ada.

KPU Kabupaten Tana Tidung artinya tidak menerima dokumen apapun di daerah. Kalau kantor belum ada, maka bisa kerja dengan menggunakan aplikasi.

"Alhamdulillah hari ini sudah ada titik terang dari Pemkab Tana Tidung untuk diberikan fasilitas berupa kantor sementara," kata Yudhi biasa disapa.

Dalam waktu dekat rencananya ada dua opsi tempat baru yakni di gedung DPRD lama dan gedung SMP yang jaraknya agak jauh dari pusat kabupaten Tana Tidung dan ini terhalang akses internet.

Peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu malam (10/8) sekitar pukul 18.40 Wita dan pada pukul 21.00 Wita api berhasil dipadamkan oleh Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Tana Tidung.

Ruang pertama yang terbakar dari korsleting listrik terjadi di ruang keuangan yang bangunannya terpisah dari bangunan utama.

Dari ruang keuangan lalu merambat ke ruangan umum, ruang program dan data, gudang logistik, ruang media center dan dapur. Selain itu, kondisi angin sangat kencang.

"Dua ruangan selamat yakni ruang Ketua dan anggota KPU serta ruang Divisi Hukum. Sedangkan total kerugian dari musibah kebakaran diperkirakan Rp2 miliar," katanya.
Kebakaran