1.204 calon bintara Polda Kaltara lolos pemeriksaan kesehatan

id Seleksi masuk Polri, Bintara, Polda Kaltara

1.204 calon bintara Polda Kaltara lolos pemeriksaan kesehatan

Seorang personel Polri memberi instruksi kepada calon polisi wanita yang mengikuti tahap pemeriksaan kesehatan masuk anggota Polri di Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara. (Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Sebanyak 1.204 calon siswa Bintara Polri 2023 wilayah Polda Kaltara dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan, yakni dilaksanakan mulai 4 sampai 13 Mei 2023.

"Pemeriksaan kesehatan tahap satu ini meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, tensi darah, THT (telinga, hidung, dan tenggorokan),
pemeriksaan mata dan gigi serta fisik luar," kata Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel di Tanjung Selor, Minggu.

Dari 1.204 calon siswa yang dinyatakan lolos, terdiri atas 1.045 calon polisi laki-laki dan 159 calon polisi wanita.

Calon siswa yang sudah dinyatakan memenuhi syarat pemeriksaan tahap satu, selanjutnya akan mengikuti tes psikologi yang akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 15 hingga 17 Mei 2023.

Tes psikologi menggunakan sistem computer assisted tes (CAT) di beberapa tempat yang sudah ditunjuk, yakni SMK Negeri 1 Tanjung Selor, SMA 1 Tanjung Selor, SMA Agape Tanjung Selor, dan laboratorium CAT Pemprov Kaltara.

Kapolda menegaskan para calon siswa harus tetap percaya pada kemampuannya sendiri.

"Jangan percaya calo, belajar dan terus banyak berdoa serta jangan lupa tetap menjaga Kesehatan dan semangat saat menjalani tes nanti," kata Kapolda.

Bagi peserta seleksi Bintara Polri yang dinyatakan lulus tes psikologi nanti, mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes CAT Akademik pada 29 Mei hingga 2 Juni 2023.

Kapolda Kaltara menghimbau agar dalam setiap pelaksanaan rekrutmen yang dijalankan oleh panitia seleksi dijalankan secara profesional dan terbuka.

Kapoda meyakini, dengan proses rekrutmen Polri yang jujur, transparan dan profesional, akan melahirkan calon-calon polisi yang baik dan berintegritas. V