DJPb Kaltara sebut penyaluran KUR capai Rp162,7 miliar per 30 April

id KUR,Ekonomi, UMKM,kaltara

DJPb Kaltara sebut penyaluran KUR capai Rp162,7 miliar per 30 April

Ilustrasi - Warga berbelanja di stan "UMKM Week" yang digelar Kanwil DJPb Kementerian Keuangan Provinsi Kaltara di Tanjung Selor, Kaltara, beberapa waktu lalu. ANTARA/Muh Arfan

Tanjung Selor, Kaltara (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Kemenkeu Provinsi Kaltara menyampaikan bahwa penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sampai 30 April 2023 telah mencapai Rp162,7 miliar.

"Jumlah debitur KUR untuk penyaluran tersebut mencapai sebanyak 2.280 orang," kata Kepala Kanwil DJPb KaltaraSakop di Tanjung Selor, Kaltara, Senin.

Ia mengatakan Kabupaten Nunukan mencatat jumlah debitur terbanyak dengan penyaluran KUR sebesar Rp60,16 miliar. Sedangkan, Kabupaten Tana Tidung tercatat jumlah debitur sebanyak 87 dengan penyaluran KUR senilaiRp5,612 miliar.

Bank penyalur KUR terbanyak per 30 April 2023 adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan 1.395 debitur dan jumlah penyaluran sebesar Rp77,85 miliar.

Sedangkan, program pembiayaan ultra mikro atau UMi, penyaluran sampai dengan 30 April 2023 sebesar Rp187,5 juta.

Sakop melanjutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2023 diproyeksikan akan ditopang permintaan domestik di tengah ketidakpastian kinerja perekonomian global.

Menurut dia, APBN 2023 difokuskan pada peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Menghadapi ketidakpastian yang tinggi, pemerintah melalui APBN berupaya maksimal untuk menjaga penguatan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.

Pada triwulan I 2023, perekonomian Provinsi Kaltara tumbuh 5,23 persensecara tahunan(yoy) dengan nilai PDRB sebesar Rp37.640,78 miliar (ADHB) dan Rp16.816,00 miliar (ADHK).

Sementara, pada April 2023, Provinsi Kaltara tercatat mengalami inflasi tahunan sebesar 4,02persen (yoy). Perkembangan ekonomi regional Kaltara diproyeksikan masih akan menunjukkan tren pertumbuhan yang positif.

Baca juga: Kapolda Kaltara dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia
Baca juga: Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diluncurkan di Kaltara
Baca juga: Mahfud pastikan Kejaksaan tak terpengaruh gerakan bawah tanah soal Sambo
Baca juga: Jufri Budiman hadiri kegiatan Gerakan Serentak Minum Tablet Fe
Baca juga: Gubernur hadiri Gerakan Nasional Aksi Bergizi