Pertamina EP Bunyu nyatakan konsisten bantu turunkan stunting

id stunting, kaltara,Pertamina

Pertamina EP Bunyu nyatakan konsisten bantu turunkan stunting

Ilustrasi - Pejabat Sementara (Pjs.) Senior (Sr.) Manager Bunyu Field Saifudin Zuhri (tiga kiri) menerima penghargaan dari BKKBN RI atas aksi Percepatan Percepatan Penurunan Stunting yang dilakukan PT. Pertamina EP Bunyu Field. (ANTARA/HO-Pertamina EP Bunyu Field)

Tanjung Selor (ANTARA) - PT. Pertamina EP (PEP) Bunyu Field menerima penghargaan dari BKKBN RI, dan menyatakan akan konsisten sebagai perusahaan aktif membantu Percepatan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kaltara.

“Kami akan terus kolaborasi dan sinergi mewujudkan tujuan penurunan stunting, khususnya di Pulau Bunyu sebagai wilayah operasional PT. Pertamina EP Bunyu Field,” kata Pjs. Senior Manager Bunyu Field Saifudin Zuhri di Tanjung Selor, Senin.

Ia mengatakan, penghargaan itu telah diterima pada 22 Juni 2023, yang diserahkan langsung oleh Tavip Agus Rayanto – Sekretaris Utama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN RI.

Penghargaan ini diterima oleh PEP Bunyu Field atas kontribusinya kepada masyarakat di wilayah operasi Perusahaan melalui Sinergitas Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dalam Percepatan Percepatan Penurunan Stunting – Bunga Kemuning (Bunyu Sumber Pangan Kreasi Menu Entaskan Stunting).

Saifudin Zuhri menjelaskan bahwa Sinergitas Program Pengembangan Masyarakat PT Pertamina EP Bunyu Field melalui skema BUNGA KEMUNING mendukung penanganan stunting dengan intervensi spesifik dan intervensi sensitif.

“Intervensi spesifik, dalam penanganan stunting berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan sasaran program”, ujar Saifudin Zuhri.

Dia menambahkan bahwa pada skema ini, intervensi spesifik penanganan stunting didorong melalui pelaksanaan program Keluarga Terlindung Stunting (KETINTING) dan didukung oleh Program Kantong Keuntungan Peternakan Ayam Broiler (Kentungan Pak Abo) dan Program Kampung Hijau Hidroponik.

Sedangkan Intervensi Sensitif, tambah Saifudin, merupakan intervensi pendukung dalam penanganan kasus stunting. Intervensi sensitif dalam skema ini diwujudkan melalui pelaksanaan program Gerakan Tolong Masyarakat Sanitasi Tuntas (GENTONG MAS SANTUN) dengan perbaikan sanitasi.

Pertamina EP (PEP) Bunyu Field merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina Regional 3 yang dinahkodai oleh Pertamina Hulu Energi (PHI).

Dalam menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance), PEP Bunyu Field bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan berbagai inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan demi mewujudkan “Energi Kalimantan untuk Indonesia”.