Bupati Tana Tidung Sampaikan 10 Program Unggulan Hampir Semua Terealisasi

id Ktt

Bupati Tana Tidung Sampaikan 10 Program Unggulan Hampir Semua Terealisasi

Bupati Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara Ibrahim Ali usai rapat paripurna istimewa masa sidang II tahun 2023 dengan agenda memperingati Hari Ulang Tahun ke-16 Kabupaten Tana Tidung di Gedung Serbaguna DPRD Tana Tidung, Selasa (10/8). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Bupati Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara Ibrahim Ali mengatakan misi Pemkab Tana Tidung yaitu Terwujudnya Tana Tidung yang Bermartabat, Sejahtera, Indah dan Humanis (BERSIH) dengan mengusung tujuh misi yang dijabarkan dalam 10 program prioritas, hampir semua terealisasi.

"Patut kita syukuri dalam perjalanan sampai saat ini sudah terlihat adanya capaian signifikan terhadap program prioritas seperti apa yang sudah kami janjikan di masa kampanye," kata Ibrahim usai rapat paripurna istimewa masa sidang II tahun 2023 dengan agenda memperingati Hari Ulang Tahun ke-16 Kabupaten Tana Tidung di Gedung Serbaguna DPRD Tana Tidung, Selasa.

Di antaranya program Kabupaten Tana Tidung (KTT) Pintar, KTT Sehat, KTT Ada, KTT Terang, KTT Berdaya, KTT Digital, KTT melayani, KTT Indah, Desa Cermat serta pembangunan pusat pemerintahan.

Capaian pembangunan yang signifikan menjadi kado HUT ke-16 Kabupaten Tana Tidung.

Dengan mengusung tema "Upun Taka Bangkit dan Maju" diharapkan semua pihak dapat bekerja sama dan gotong-royong dalam membangun daerah serta bangkit bersama setelah pandemi Covid-19, namun tetap tidak melupakan asal usul sejarah dan budaya daerah sebagai makna Upun Taka.

"Pemerintah Kabupaten Tana Tidung di bawah kepemimpinan Ibrahim Ali dan Hendrik telah merealisasikan berbagai kegiatan pembangunan yang tertuang dalam visi, misi serta program prioritas," kata Ibrahim.

Dia mengatakan dengan perjuangan dan semangat serta dukungan penuh masyarakat, Pemkab Tana Tidung mendapat kado istimewa yaitu hibah lahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan seluas 405 hektare pada 13 September 2022.

Pemkab Tana Tidung langsung berlari kencang dengan melakukan pembangunan pusat pemerintahan yang difokuskan pada pembangunan Kantor DPRD dan Kantor Bupati KTT.

Progresnya sampai saat ini telah masuk tahap konstruksi yang telah diselesaikan pada Mei 2023. Ditargetkan akhir tahun bisa mencapai pemasangan struktur kuda-kuda dan atap gedung dengan persentase mencapai 60 persen.

Di tengah pengerjaan pembangunan, Pemkab KTT juga melakukan pendataan dampak sosial yang sampai saat Ini terus berproses dan direncanakan penyelesaian pembayaran ganti untung akan diselesaikan dalam waktu tidak terlalu lama.

"Sementara itu pada program KTT Pintar, di antaranya dapat dilihat dari indeks pendidikan di KTT yang meningkat 63,43 persen pada tahun 2022, dibandingkan tahun 2021 yang hanya 62, 38 persen," katanya.

Pemkab KTT juga memberikan beasiswa kepada yang kurang mampu serta siswa berprestasi, merealisasikan program satu guru satu laptop kepada guru berprestasi dan memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa.

Pada kegiatan infrastruktur, Pemkab Tana Tidung merealisasikan bantuan stimulan perumahan layak huni, di mana pada tahun 2022 berjumlah 289 rumah, naik menjadi 50 rumah pada tahun 2023.

Pemkab Tana Tidung juga merealisasikan melakukan penanganan jalan dengan capaian 25,78 kilometer pada tahun 2022 dan di 2023 mencapai 35,9 kilometer.

Sedangkan untuk sambungan PDAM telah terpasang 1.078 sambungan rumah di 9 desa. Selanjutnya tahun 2023 akan dilakukan optimalisasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Desa Bebatu dengan peningkatan kualitas bahan baku air.

Kemandirian desa juga meningkat signifikan. Status desa sampai dengan tahun 2023, tidak ada lagi desa tertinggal. Adapun desa mandiri di KTT sudah mencapai tujuh desa, 18 desa dengan status desa maju serta tujuh desa menjadi desa berkembang.

Lahan itu dimanfaatkan untuk pembangunan kota baru mandiri terpadu yang meliputi pembangunan pusat pemerintahan, kawasan ekonomi dan sosial, pembangunan ekosistem pendukung pusat kota terpadu dengan memperbanyak aktifitas sosial dan ekonomi masyarakat di pusat pemerintahan tersebut.

Ibrahim mengajak masyarakat untuk menjadikan HUT KTT ke-16 sebagai momentum bangkit dan maju bersama dalam membangun KTT menjadi kabupaten yang terdepan di Kaltara.
Baca juga: Kabupaten Bulungan pertahankan status juara umum MTQ Provinsi Kaltara
Baca juga: Bupati KTT terpilih Ibrahim Ali bangun desa dengan Gerakan Desa Cerdas