Pos Penanganan Penyintas Kebakaran di Tarakan Ditutup

id Pemkot

Pos Penanganan Penyintas Kebakaran di Tarakan Ditutup

Wali Kota Tarakan Khairul di Pos terpadu penanganan penyintas kebakaran Kelurahan Selumit Pantai, Tarakan, Senin (28/8). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Pos lapangan terpadu penanganan penyintas kebakaran di Kelurahan Selumit Pantai, Tarakan, Kalimantan Utara, Senin ditutup.

"Dengan ditutupnya posko ini, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan untuk terus berkontribusi melalui BASNAZ (Badan Amil Zakat Nasional)," kata Wali Kota Tarakan Khairul di Pos terpadu penanganan penyintas kebakaran Kelurahan Selumit Pantai.

Bantuan yang terkumpul melalui BASNAZ akan diarahkan langsung kepada para penyintas kebakaran.

Pos lapangan terpadu penanganan penyintas kebakaran bertujuan untuk membantu penyintas kebakaran.

Bantuan dan donasi yang dihimpun sebesar Rp333.882.800,- akan disalurkan kepada para penyintas dengan alokasi bantuan sebesar Rp4.910.000,- per kepala keluarga.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Tarakan juga memberikan bantuan tambahan yaitu pemilik rumah yang terdampak kebakaran akan menerima bantuan sebesar Rp1.500.000,-.

Sementara penyewa rumah akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1.200.000,- selain itu, bantuan senilai Rp1.000.000,- diberikan kepada warga numpang yang juga terdampak oleh kebakaran.


Wali Kota juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya kewaspadaan dalam meninggalkan rumah. Dia menekankan agar warga lebih berhati-hati dalam memastikan alat-alat seperti listrik dan kompor telah dimatikan sebelum meninggalkan rumah. Kejadian kebakaran dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana ini.

Untuk rencana ke depan, Pemkot Tarakan berkomitmen untuk merencanakan tata ruang yang lebih baik di area tersebut.

Hal tersebut melibatkan perbaikan akses jalan dan juga pembenahan sistem akses air, termasuk hidran pemadam kebakaran.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kesiapan dalam menghadapi kejadian darurat, seperti kebakaran, dapat lebih terjamin.

Acara penutupan tersebut menjadi bukti konkret kolaborasi antara pemerintah, dinas terkait dan masyarakat dalam menjalankan tanggung jawab bersama dalam menghadapi bencana dan membantu para penyintas untuk bangkit kembali.
Baca juga: Gubernur Kaltara tinjau lokasi kebakaran dan berikan bantuan kepada korban
Baca juga: Wali Kota Tarakan Menyerahkan Bantuan Kepada Para Penyintas Kebakaran Beringin 4