Polda Kaltara siapkan pengamanan pemilu serentak 2024

id Polda,mantap brata,polda Kalimantan utara,pemilu

Polda Kaltara siapkan pengamanan pemilu serentak 2024

Wakil Kepala Polda Kalimantan Utara, Brigadir Jenderal Polisi Kasmudi (tengah), saat menggelar rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2024 di ruang Rupatama Mapolda Kalimantan Utara, di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (10/10). ANTARA/HO-Humas Polda Kalimantan Utara

Tarakan (ANTARA) - Polda Kalimantan Utara menggelar rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2024 di ruang Rupatama MarkasPolda Kalimantan Utara, di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

"Dalam rapat koordinasi ini membahas persiapan pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu 2024," kata Wakil
Kepala Polda Kalimantan Utara, Brigadir Jenderal PolisiKasmudi.



Rakor ini dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Utara, Datu Iqro Ramadhan, Kasi Intel Korem 092/Maharajalila, Kolonel ARHAbraham Kalelo, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Bawaslu Kalimantan Utara, Teguh Dwi Subagyo, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Bawaslu Kalimantan Utara, Fadliansyah, Pejabat Utama Polda Kalimantan Utaraserta kepala Polresta dan kepala Polres jajaran Polda Kalimantan Utara.

Pada 2024 Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak, dimana saat ini sudah berada dalam tahapan pemilu dan segera akan memasuki tahapan inti, meliputi pendaftaran dan penetapan calon presiden, wakil presiden, calon legislatif dan calon anggota DPD.



"Terkait Pemilu serentak 2024, Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya momen politik ini sebagai pesta demokrasi terbesar yang diselenggarakan serentak di tahun yang sama," kata Kasmudi.

Presiden menyadari bahwa ini adalah pekerjaan besar yang akan sangat mempengaruhi masa depan bangsa dan negara Indonesia, Pemilu 2024 dianggap sebagai titik persimpangan sejarah Indonesia dalam mewujudkan visi “Indonesia Emas 2045”.

“Polri sebagai pemelihara kamtibmas dan penegak hukum membutuhkan dukungan semua pihak untuk menciptakan rasa aman, mengatasi potensi kerawanan, dan memastikan pemilu berkualitas,” katanya.



Langkah-langkah yang perlu diambil, termasuk menjalin kerjasama erat dengan seluruh instansi pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu sangat penting dan esensial, sehingga dengan komitmen bersama.

"Kita semua dapat menjalankan tugas pokok, fungsi dan peranan secara lebih efektif untuk mewujudkan kamtibmas yang terpelihara dan memastikan pemilu yang aman damai dan adil," kata dia.



Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama pemilu dan menciptakan Pemilu yang jujur dan adil, Polri melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata akan dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan sasaran mengamankan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu mulai partai politik, calon perorangan, hingga kegiatan masyarakat.

“Operasi kepolisian tersebut akan dilaksanakan selama 222 hari terhitung mulai 19 Oktober 2023. Kegiatan Operasi ini melibatkan instansi dan lembaga terkait dengan membentuk Satgas-satgas yakni Satgas Preemtif, Preventif, Gakkum, Humas, Tindak dan Satgas Bantuan Operasi,” katanya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Kalimantan Utara siapkan pengamanan pemilu serentak 2024