Wali Kota Mengapresiasi Petani Tarakan Mewujudkan Ketahanan Pangan

id Pemkot

Wali Kota Mengapresiasi Petani Tarakan Mewujudkan Ketahanan Pangan

Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2023 yang dilaksanakan di Kantor Lurah Karang Harapan, Tarakan, Selasa (24/10). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul menyampaikan apresiasi bagi para petani di Tarakan yang selama ini telah berperan serta dalam mewujudkan ketahanan pangan di Tarakan.

"Kedepannya, terkait dengan ketahanan pangan, saya berharap agar berkolaborasi dengan semua pihak di Kota Tarakan dapat terus terwujud ketersediaan pangan," kata Khairul hadir pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2023 yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Lurah Karang Harapan, Tarakan, Selasa.

Serta keseimbangan antara pasokan dan permintaan, keterjangkauan pangan atau harga yang terkendali dan keamanan pangan yang sehat, bergizi dan halal.

Pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2023 yang bertemakan "Water is Life, Water is Food, Leave No One Behind".

Peringatan ini diisi dengan panen bersama berbagai komoditas bahan pangan. Hadir pada peringatan ini unsur perangkat daerah, PKK dan para kelompok tani.

Sebagaimana tema yang menyinggung pentingnya air dalam ketahanan pangan, Wali Kota juga mengajak para petani dan masyarakat pada umumnya untuk bijak dalam penggunaan air kendati kondisi Tarakan sekarang memiliki curah hujan yang relatif stabil.

Ia menekankan pentingnya ketersediaan air bersih sebagai penunjang kehidupan sehingga perlu pengelolaan yang berkelanjutan.

"Mengingat penduduk semakin bertambah, beberapa inovasi terus dilakukan untuk menjamin air bersih tersedia, salah satunya dengan mengkoneksikan antar embung di Kota Tarakan," kata Khairul.
Baca juga: Target Penurunan Stunting di Tarakan Dengan Kolaborasi Lintas Sektor
Baca juga: Penurunan Padaw Tuju Dulung Puncak Acara Iraw Tengkayu di Tarakan