Pembukaan Porwada I Kaltara di Tarakan Berlangsung Meriah

id Pwi

Pembukaan Porwada I Kaltara di Tarakan Berlangsung Meriah

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang didampingi Wali Kota Tarakan Khairul menyalakan obor saat pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) I Kalimantan Utara berlangsung meriah di Gedung Graha Pemuda, Tarakan, Kamis malam (14/12). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Acara pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) I Kalimantan Utara berlangsung meriah di Gedung Graha Pemuda, Tarakan, Kamis malam.

Pesta olahraga antar wartawan di Bumi Benuanta itu dibuka dengan penyalaan obor oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, didampingi Wali Kota Tarakan Khairul.

"Selalu junjung tinggi sportivitas kegiatan olahraga ini," kata Zainal.
Dia juga mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut dan mengharapkan peserta dapat menjunjung sportivitas bertanding.

Pembukaan Porwada I Kaltara dimeriahkan dengan defile kontingen dari PWI Bulungan, PWI Nunukan dan tuan rumah PWI Tarakan.

Zainal juga mengharapkan peserta untuk menjaga keselamatan, terutama yang mengikuti cabang olahraga yang kontak badan seperti futsal.

Gubernur tidak menginginkan kemenangan diraih dengan cara-cara yang mencederai sesama wartawan.

Gubernur berharap event ini menjadi ajang silaturahmi dan sharing antar wartawan di Kaltara.

Sementara itu, Ketua PWI Kaltara, Nicky Saputra mengapresiasi terbentuknya organisasi PWI di tiga kabupaten dan kota di Kaltara.

Ia menilai melalui Porwada I Kaltara ini menjadi wadah silaturahmi bagi wartawan yang tergabung dalam PWI Kaltara.

"Inilah cara-cara kami bersilaturahmi di mana PWI merupakan salah satu organisasi pers dan satu-satunya institusi pers yang warganya sangat banyak," kata Nicky Saputra.

Menurutnya, Porwada tahun ini merupakan perdana yang menjadi ajang seleksi untuk mencari atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024 di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Ketua PB Porwada I Kaltara, Eliazar Simon berharap kegiatan Porwada selanjutnya dapat diikuti seluruh kabupaten dan kota.

"Dalam pelaksanaan Porwada ini diikuti tiga kontingen, yaitu Tarakan, Bulungan dan Nunukan. Karena Kaltara ini hanya baru tiga PWI kabupaten kota terbentuk. Harapannya di Porwada yang kedua, seluruh kabupaten kota di Kaltara bisa mengikutinya," kata Eliazar.

Porwada I Kaltara akan mempertandingkan enam cabang olahraga. Yaitu futsal, tenis meja, catur, atletik, esport dan biliar. Selain itu dilombakan juga karya tulis dan foto jurnalistik dan foto. Sedangkan cabang eksebisi yaitu domino.
Baca juga: Kirab Obor Porwada I Kaltara Dimulai dari Tarakan
Baca juga: Gubernur Dukung Pelaksanaan Porwada PWI Kaltara di Tarakan