Personel TNI - Polri Kawal Pengembalian Kotak Suara Pasca Pencoblosan

id Kodim

Personel TNI - Polri Kawal Pengembalian Kotak Suara Pasca Pencoblosan

Personel TNI - Polri di Tarakan, Kamis (15/2) mengawal dan mendampingi kegiatan penyerahan kotak suara hasil penghitungan suara. (ANTARA/HO-Pendim 0907/Tarakan).

Tarakan (ANTARA) - Personel TNI - Polri di Tarakan mengawal dan mendampingi kegiatan penyerahan kotak suara hasil penghitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan.

“Kami bersinergi dengan aparat Polri dari Bhabinkamtibmas untuk memastikan proses demokrasi di wilayah kami berlangsung dalam suasana aman dan tertib,” kata Babinsa Koramil 0907/01 Tarakan Timur Sertu M.Arifin di Tarakan, Kamis.

Hal tersebut sebagai upaya menjaga kelancaran dan keamanan proses demokrasi pasca pemungutan suara.

Pengawalan dan pendampingan penyerahan kotak suara tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh prosedur berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

"Proses penyerahan berjalan lancar dan kondusif kotak suara hasil penghitungan suara dari TPS ke Kelurahan," kata Arifin.

Menanggapi hal tersebut Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Kav Jhon B.C Simarmata mengatakan sesuai dengan komitmen TNI akan kawal pelaksanaan Pemilu 2024 dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemilih.

"Pengamanan Pemilu 2024 yang diberikan Babinsa dari pagi hingga malam merupakan wujud rasa tanggung jawab kami dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dan demokratis,” kata Jhon.

Ia menambahkan,untuk saat ini para Babinsa bersama Bhabinkamtibmas masih melaksanakan pengamanan kotak suara di desa binaan masing-masing sebelum nanti dibawa ke kecamatan.

"Langkah koordinasi dan kerja sama yang baik antara TNI, Polri, dan PPS setempat ini diharapkan dapat menjadi contoh dalam menjaga dan memelihara stabilitas keamanan selama dan pasca kegiatan pemilihan umum di wilayah," kata Dandim
Baca juga: TNI dan Polri Tarakan kawal distribusi logistik Pemilu
Baca juga: Satgas TMMD Kodim 0907/Tarakan mengedepankan kualitas pembangunan fisik