Andi Nasuha: Pemprov awasi arus balik Lebaran di pelabuhan

id Arus Baik Lebaran 2024

Andi Nasuha: Pemprov awasi arus balik Lebaran di pelabuhan

Ilustrasi - Personel Dinas Perhubungan bertugas di pelabuhan Kayan II Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. (ANTARA/Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menempatkan personel untuk mengawasi dan melancarkan arus balik Lebaran 2024 di tiga pelabuhan kapal cepat (speedboat) yaitu pelabuhan Tengkayu I Tarakan, pelabuhan kayan II Tanjung Selor, dan pelabuhan Liem Hie Djung Nunukan.

“Ini demi memastikan keselamatan dan kenyamanan pemudik yang kembali ke tempat tinggalnya setelah merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara, Andi Nasuha di Tanjung Selor, Senin.

Selain personel Dinas Perhubungan Provinsi, arus mudik lebaran 2024 di pelabuhan tersebut juga diawasi oleh personel yang tergabung dalam operasi Ketupat Kayan 2024 seperti dari kepolisian, TNI, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, serta instansi teknis lainnya.

Kepala Dishub Kaltara mengatakan petugasnya bertugas untuk mengatur pergerakan kendaraan, membantu penumpang naik dan turun kapal, serta memastikan kelancaran arus kendaraan di sekitar pelabuhan.

Ia mengimbau kepada pemudik yang melakukan perjalanan balik Lebaran selalu memprioritaskan keselamatan dan selalu mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku.

Terhadap pemudik yang melakukan perjalanan balik dengan transportasi darat, diimbau selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan siap untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Ia juga meminta pengemudi untuk beristirahat dengan cukup, tidak memaksakan diri mengemudi jika dalam kondisi lelah.

“Selalu patuhi aturan lalu lintas seperti rambu, batas kecepatan, dan sabuk pengaman, dan jangan lupa siapkan obat-obatan,” kata Andi Nasuha.

Dia mengungkapkan, puncak arus balik di Provinsi Kaltara diprediksi terjadi Senin (15/4/2024) hari ini baik via transportasi laut atau sungai, maupun transportasi darat, dan udara.*