Kaltara Borong Dua Penghargaan Inovasi TTG Nusantara XXV

id Pemprov

Kaltara Borong Dua Penghargaan Inovasi TTG Nusantara XXV

Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memboyong dua penghargaan dalam ajang bergengsi Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV Tahun 2024 digelar dari tanggal 14 hingga 17 Juli 2024 di Lombok. ANTARA/HO-DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memboyong dua penghargaan dalam ajang bergengsi Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV Tahun 2024 digelar dari tanggal 14 hingga 17 Juli 2024 di Lombok bertempat di Islamic Center, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

“Kegiatan penganugerahan langsung dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) yang diserahkan langsung kepada para pemenang termasuk untuk inovator TTG dan Posyantek,” katanya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaltara Edy Suharto di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

Edy menyebutkan peserta Lomba TTG dan Posyantek dari Provinsi Kaltara selama ini dibina dan difasilitasi langsung oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, melalui Dinas PMD Kaltara, ini sukses menorehkan prestasi di tingkat nasional.

“Juara satu tingkat nasional kategori Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek TTG) diraih oleh Posyantek Karya Mandiri dari Desa Sempayang, Kabupaten Malinau di ketuai Joser Febrianto dan pembinanya Kepala Desa Sempayang Bapak Aprem,” ujarnya.

Juara dua tingkat nasional kategori TTG Unggulan diraih oleh Tim IoT Energy Tarakan yang diketuai oleh Ferdianto dan kawan-kawan, inovasinya berupa Alat Pendeteksi Kebocoran Pipa Gas Sambungan Rumah, tim ini mendapatkan pendampingan dari PT. Pertamina EP Tarakan.

Ia menuturkan para pemenang selain mendapatkan piagam dan piala juga mendapatkan uang pembinaan, untuk juara satu sebesar Rp25 juta, juara dua Rp15 juta serta fasilitas transportasi tiket pesawat, hotel dan akomodasi selama di Lombok dari Kementerian Desa PDTT.

Capaian tersebut tidak lepas dari dukungan pemerintah, Gubernur Kaltara secara langsung menyerahkan piagam, piala, Rp10 juta, biaya perjalanan dan akomodasi kepada para pemenang juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili lomba TTG tingkat nasional pada acara Rembuk Desa di Tarakan pada 4 Juli 2024.

Lebih lanjut Edy mengatakan dalam ajang TTG Nusantara ini ada berbagai kegiatan seperti seminar internasional, temu bisnis, rapat kerja teknis dan stand pameran TTG. Terkhususnya untuk stand pameran alat - alat TTG di lombakan, Dinas PMD Kaltara turut serta membuka satu stand pameran.
“Kami berharap stand pameran Dinas PMD Kaltara juga bisa mendapatkan juara, jika stand kita mendapatkan juara, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara akan mendapatkan Juara Umum,” katanya.

Selain itu, Edy juga mengungkapkan, Menter Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) juga memberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Kaltara atas kontribusi dan kerja kerasnya dalam membina TTG Inovasi Desa.

Tidak hanya itu, Kemendes-PDTT juga memberikan piagam lencana beserta pin abdi desa untuk orang nomor satu di Kaltara ini.
Baca juga: Pagelaran Seni Budaya Dayak dan Pekenu Untuk Melestarikan Budaya
Baca juga: Datu Iqro : Pemerintah Dukung Upaya Ketertiban Berlalu Lintas