Dispora Kaltara matangkan persiapan gelaran Popda di Tarakan

id Pemprov

Dispora Kaltara matangkan persiapan gelaran Popda di Tarakan

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltara Yosua Batara Payangan. ANTARA/HO-DKISP Kaltara

Tarakan (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara sedang mematangkan persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) perdana atau pertama (ke-1) di Tarakan pada 24-29 Juli 2024.

“Kita sudah rapat memulai dari acara pembukaan sampai pelaksanaan Popda termasuk tadi membahas susunan tamu undangan dan persiapan tim juri setiap cabor,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltara Yosua Batara Payangan di Tarakan, Senin.

Yosua mengimbau kepada para jajarannya untuk selalu siaga membantu panitia setiap masing-masing cabang olahraga selama perhelatan berlangsung.

"Kami imbau jajaran saya dan panitia setiap cabang olahraga atau cabor bisa teliti memastikan semua peserta Popda harus hadir,” katanya.

Sebab menurutnya jika ada salah satu peserta cabang olahraga tidak hadir akan berpengaruh pada pertandingan tersebut.

“Harapan kami jangan sampai tidak atau ada halangan hingga dijauhkan dari cedera,” kata Yosua.

Apa lagi kegiatan itu, lanjutnya, merupakan wadah para peserta diseleksi para masing-masing pengurus cabang olahraga untuk persiapan bisa berkontribusi mengikuti PON Sumut-Aceh bulan September.

“Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini para atlet-atlet terbaik Kaltara,” jelasnya.

Di sisi lain, dirinya pun sudah memberikan arahan sosialisasi kepada tim antara lain para atlet, pelatih dan wasit beberapa pekan lalu supaya bisa mematuhi peraturan selama pertandingan Pekan Olahraga Daerah pertama itu.

“Saya juga sudah minta kepada jajaran Dispora Kaltara yang nanti akan mengawasi jalannya pertandingan agar tegas dan bertanggung jawab disiplin,” kata Yosua.

Terutama dirinya menegaskan Popda pertama kali diselenggarakan, tidak ingin ada pengaturan skor yang dapat merugikan atlet dan tim dari kabupaten/kota.

“Saya tadi juga sudah beri peringatan tegas untuk jajaran di Dispora agar menghindari serta tidak membuat peraturan merugikan atlet dan tim. Tetap pakai aturan main resmi yang sudah disepakati bersama,” pintanya.

Kendati demikian pihaknya menyebutkan lokasi pertandingan atau perlombaan untuk kegiatan tersebut sudah siap digunakan.

“Nanti kita pakai stadion Datu Adil untuk cabor sepak bola, lalu bola voli di GOR tipe B, Cabor Basket GOR tipe A, Cabor sepak takraw dan tenis lapangan kita tandingkan di GOR Telaga Keramat,” kata Plt Kadispora.

Kemudian pencak silat dirinya menegaskan bakal bermain di Padepokan IPSI Tarakan.

“Bulu tangkis rencana kita mainkan di GOR bulu tangkis SMA Negeri 2 Tarakan, lalu untuk olahraga tinju kita masih komunikasikan dengan teman-teman Pertina di sekitaran Stadion Datu Adil,” katanya.