Kapolda Kaltara Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kaltara Tahap II 2024

id Polda

Kapolda Kaltara Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kaltara Tahap II 2024

Kapolda Kaltara buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kaltara Tahap II  2024 Aspek Pelaksanaan Dan Pengendalian Pada Jajaran Polda Kaltara* (Humas Polda)

Tanjung Selor (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara Irjen Pol. Hary Sudwijanto, S.I.K, M.Si, membuka secara resmi Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kaltara Tahap II T.A 2024 Aspek Pelaksanaan Dan Pengendalian Pada Jajaran Polda Kaltara di Ruang Rupatama Kayan 2024. Kamis (10/10/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Dr. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, S.H, S.I.K, M.H., Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol. Audy Alfrits Herman Manus, S.I.K., M.Si., CFrA., Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kaltara Bapak Totok Prihantoro, Pejabat Utama Polda Kaltara, Kaporesta dan Kapolres Jajaran Polda Kalimantan Utara.

Mengawali kegiatan, Irwasda Polda Kaltara menyampaikan kata sambutan, "Audit Kinerja merupakan proses Identifikasi Masalah, Analisis dan Evaluasi yang dilakukan secara Independensi, Objektif dan Profesional berdasarkan Standar pemeriksaan untuk menilai Kebenaran, Kecermatan, Kredibilitas dan Akuntabel mengenai Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Kasatker/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terhadap pelaksanaan Program Polri dan Keuangan Negara guna mewujudkan Tata Kelola pemerintahan yang Baik Good Governance dan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih (Clean Government)", Hal tersebut sebagai wujud dukungan Polda Kaltara dan Jajaran kepada Insitusi Polri dalam meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dari BPK RI, yang mana pada 29 Juli 2024 lalu Polri telah meraih WTP yang Ke-11 sejak tahun 2013-2023.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kapolda Kaltara menyampaikan bahwa Audit Kinerja yang dilaksanakan Itwasda Polda Kaltara merupakan kegiatan yang akan dilakukan di seluruh jajaran Polda Kaltara sebagai upaya pengawasan dan kontrol terhadap kinerja jajaran dalam bidang Operasional, Logistik, SDM serta penggunaan anggaran.

"Saya ingin mengutip ungkapan bijak dari Paul J. Meyer yang mengatakan, "Kinerja tidak pernah dicapai secara kebetulan. Tapi selalu merupakan hasil dari sebuah komitmen untuk meraih yang terbaik, perencanaan yang cerdas serta upaya yang terfokus." Kutipan ini sangat relevan dengan tugas kita hari ini, Karena Audit Kinerja merupakan instrumen penting dalam mengukur seberapa efektif kita dalam mencapai produktivitas melalui perencanaan yang cerdas dan komitmen terhadap keunggulan." ucap Kapolda Kaltara.

Audit Kinerja pada hakikatnya adalah Proses Evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Organisasi telah melaksanakan Tugasnya dengan Efisien, Efektif, Dan Sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, Audit Kinerja tidak hanya fokus pada penilaian hasil, Tetapi juga pada perilaku Kinerja Atau Bagaimana proses pelaksanaan pekerjaan dilakukan. ini penting untuk memastikan bahwa setiap aktivitas operasional berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Organisasi.

Prinsip Utama dalam Audit Kinerja adalah untuk memastikan bahwa Pengelolaan Sumber Daya, Baik Manusia maupun Keuangan, Telah dilakukan dengan tepat, dengan mempertimbangkan Kehematan, Efisiensi, dan Efektivitas. Efisiensi dalam Audit Kinerja mengacu pada Hubungan Optimal antara Input dan Output, dimana Penggunaan Sumber Daya harus sepadan dengan hasil yang diperoleh. Sedangkan Efektivitas adalah Sejauh mana kita dapat mencapai Tujuan yang telah ditetapkan.


Baca juga: Unit K9 Polda Kaltara Amankan debat Cagub-Cawagub di Tarakan
Baca juga: Pembukaan Assessment Uji Kompetensi Penyidik Polda Kaltara oleh Wakapolda

Kapolda Kaltarabuka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kaltara Tahap II 2024 Aspek Pelaksanaan Dan Pengendalian Pada Jajaran Polda Kaltara* (Humas Polda)

"Saya menekankan kepada seluruh Auditor dan Auditi yang terlibat dalam kegiatan ini untuk melaksanakan Audit dengan penuh Integritas dan Profesionalisme. Ingatlah bahwa Audit bukanlah sekadar mencari temuan, Apalagi temuan yang dibuat - buat demi Kepentingan Pribadi. Audit harus menjadi Alat yang Objektif untuk memberikan Penilaian yang Adil Dan Akurat terhadap Kinerja Organisasi." Tambah Kapolda Kaltara.

Kapolda Kaltara juga mengingatkan bahwa Tujuan Utama dari Audit ini Adalah Peringatan Dini, Yaitu memberikan Evaluasi yang Konstruktif untuk mencegah Masalah di Masa Depan. Fokus kita harus pada upaya untuk meningkatkan kualitas Tata Kelola, bukan sekadar menemukan Kekurangan. Dengan demikian, Audit ini diharapkan bisa memberikan Nilai tambah yang Bermanfaat bagi penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Polri secara Keseluruhan.

"Selaku Pimpinan Kepolisian Daerah Kalimantan Utara Saya ucapkan Terima Kasih kepada Tim Itwasda dan seluruh Auditi yang telah mempersiapkan Diri dengan baik. Mari kita bekerja bersama - sama dengan Semangat Profesionalisme untuk memastikan bahwa Polda Kalimantan Utara dapat terus meningkatkan Kinerja Dan Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat" tutup Kapolda Kaltara.

Baca juga: Kegiatan Asistensi Fungsi Keuangan dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran 2024 Polda Kaltara
Baca juga: Kapolda Kaltara Terima Kunjungan Silaturahmi Harmonis Bersama FKUB dan FPK Kaltara