Tana Tidung Antisipasi Banjir

id ,

Tana Tidung Antisipasi Banjir

Turap di Kaltara (Datiz)

Oleh M Rusman

Tana Tidung (Antara News Kaltara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung Kalimantan Utara menyiapkan Rp40 miliar untuk merampungkan pembangunan dinding turap untuk mengatasi banjir dan abrasi di daerah itu.

Bupati Tana Tidung, Undunsyah di Tana Tidung, Sabtu, mengatakan pembangunan dinding turap atau "sheetpile" saat ini sudah terlaksana sekitar 20 persen.

Pembangunan dinding turap itu direncanakan rampung sesuai konsep awal pada periode kedua sehingga pengerjaannya digenjot dengan suntikan dana.

Dinding turap itu diharapkan dapat menanggulangi bencana banjir dan abrasi. Penyelesaian pembangunan dinding turap yang sudah mulai dikerjakan pada Maret 2016 tersebut, akan dikonsultasikan dengan DPRD setempat terkait dengan penyediaan dana sebesar Rp40 miliar itu.

Ia mengharapkan pihaknya bersama-sama DPRD setempat melakukan evaluasi hasil pembangunan yang berjalan karena diupayakan dana sebesar Rp40 miliar itu dapat disetujui dalam APBD Perubahan 2016.

Undunsyah berpendapat kerja sama pemerintah daerah dengan DPRD akan mempermudah penempatan pos-pos anggaran pada skala pembangunan prioritas di Kabupaten Tana Tidung seiring dengan penundaan penyaluran anggaran oleh pemerintah pusat.

Pemkab Tana Tidung, kata dia, mengupayakan pembangunan yang masuk skala prioritas termasuk dinding turap itu karena menyangkut kemaslahatan bagi masyarakat agar tidak terjadi banjir lagi.

"Oleh karena itu, proses pembangunan proyek "sheetpile" ini dipantau terus perkembangannya sekaligus dievaluasi dengan harapan prosesnya tetap lancar sesuai konsep yang disepakati," kata Undunsyah.