Hidup Sehat dan Cerdas dengan Mengkonsumsi Ikan

id ,

Hidup Sehat dan Cerdas dengan Mengkonsumsi Ikan

RAKORNAS: Ketua Forikan Kaltara Rita Ratina Irianto Lambrie (Lima dari Kiri) menghadiri Rakornas Forikan di Jakarta, Kamis (6/4). (dok humas)

Jakarta (Antara News Kaltara) – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Klimantan Utara (Kaltara) Hj Rita Ratina Irianto menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forikan dengan tema "Sinergitas Program Peningkatan Konsumsi Ikan untuk Mewujudkan Generasi Yang Sehat, Cerdas dan Berdaya Saing" yang dilaksanakan di Gedung Mina Bahari Jakarta, Kamis (6/4).

Dalam kesempatan itu, Rita menyampaikan bahwa Forikan merupakan organisasi yang berupaya menyosialisasikan program makan ikan agar masyarakat dapat hidup sehat dan cerdas. Salah satu caranya, ialah membangun kesadaran individu atau secara kolektif pada masyarakat akan pentingnya gizi terutama yang berasal dari ikan,

“Kita ketahui daerah kita merupakan daerah yang memiliki potensi ikan yang sangat besar, karena itu sudah saatnya kita galakkan gerakan makan ikan untuk menyehatkan juga mencerdaskan,” jelas Rita.

Selain harganya yang murah, protein yang terkandung dalam ikan, lanjut Rita mengandung berbagai manfaat, terutama untuk ibu hamil, anak, dan balita. “Ikan merupakan sumber protein yang murah dibanding sumber lainnya, bahkan gizinya pun lebih banyak,” urainya.

Bahkan menurut penelitian, lanjutnya, asupan gizi yang optimal akan memberikan anak kehidupan lebih sehat, produktif dan berisiko rendah terhadap penyakit seperti degeneratif pada usia dewasa seperti diabetes melitus, stroke, jantung koroner, serta obesitas.

Rita juga akan menginstruksikan kepada organisasi kewanitaan yang ada di Kaltara agar memulai program ini dalam keluarga sendiri baru kemudian disebarkan ke masyarakat luas.“Forikan tidak hanya menyosialisasikan agar masyarakat giat mengkonsumsi ikan tapi juga untuk membiasakan masyarakat kembali makan bersama dimeja makan keluarga,” katanya.