Warga Perbatasan Gembira, Harga Rumput Laut Melonjak

id ,

Warga Perbatasan Gembira, Harga Rumput Laut Melonjak

petani rumput laut (Datiz)

Oleh M Rusman

Nunukan(Antara News Kaltara) - Harga rumput laut di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kini melonjak mencapai Rp13.000 per kilogram dan diprediksi mampu menembus harga Rp15.000 per kilogram.

Lonjakan harga itu jelas mengembirakan warga perbatasan, pasalnya pada awal bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah, harga rumput laut di daerah itu baru berkisar Rp6.400 per kilogram.

Namun terus mengalami kenaikan harga secara bertahap hingga saat ini Rp13.000 per kilogram, kata Kamaruddin, seorang pembudidaya rumput laut di Kampung Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan Kabupaten Nunukan, Sabtu.

Ia menjelaskan, kenaikan bermula akhir bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah dari Rp6.400 per kilogram menjadi Rp7.500 per kilogram. Selanjutnya naik lagi menjadi Rp10.000 per kilogram hingga bertahan pada kisaran Rp12.000 per kilogram.

Namun saat ini telah naik lagi menjadi Rp13.000 per kilogram dan diyakini akan terus naik hingga Rp15.000 per kilogram, harap Kamaruddin.

Naiknya harga rumput laut tersebut berkat tingginya permintaan dari pengusaha pabrik yang langsung membeli kepada pembudidaya.

Meskipun pengusaha lokal di Kabupaten Nunukan bertindak selaku pengepul masih terus membeli dengan menyesuaikan kenaikan harga yang berlaku.

Kamaruddin mengharapkan, kenaikan harga yang melonjak dibarengi perbaikan kualitas. "Saya selalu menyampaikan kepada rekan-rekan petani (pembudidaya) supaya memperbaiki kualitas pascapanen rumput laut.