Siapkan Payung Pergantian Tahun

id tahun baru kaltara

siapkan payung diprakirakan hujan

Oleh M Rusman


Tarakan (Antaranews Kaltara) - Bagi anda yang berniat merayakan pesta pergantian tahun baru di Kalimantan Utara sebaiknya siapkan payung karena meskipun dengan intensitas rendah namun tiga hari ke depan berpotensi hujan lokal.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis wilayah Provinsi Kalimantan Utara bahwa akan berpotensi hujan pada tiga hari kedepan hingga malam pergantian tahun meskipun dengan intensitas rendah.

Prakirawan BMKG Kota Tarakan William melalui sambungan telepon, Jumat membenarkan bahwa sesuai hasil pengamatan melalui satelit kondisi cuaca di Kota Tarakan dan Kaltara secara umum tampak berawan yang berpotensi hujan lokal.

Hujan yang mengguyur seluruh wilayah provinsi termuda itu diperkirakan terjadi pada subuh dini hari.

Seluruh wilayah Kaltara berawan sehingga berpotensi hujan dengan berintensitas rendah.

Cuaca berawan tidak menimbulkan perubahan signifikan seperti gelombang laut dan angin kencang kecuali terjadi perubahan secara tiba-tiba karena pengaruh anomali.

Pembentukan awan di wilayah Kaltara hanya konvektif dan bukan kategori comulonimbus yang dapat menimbulkan angin kencang dan hujan deras yang berlangsung secara mendadak.

Meskipun wilayah Indonesia memasuki musim hujan, tetapi perairan wilayah utara masih hangat yang merupakan suatu keanehan yang muncul akibat pembentukan tropikal siklon di sebelah selatan Pulau Jawa.

Pewarta :
Editor: Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar