Teknis Penerimaan CPNS, BKD Jabar 'Belajar' ke Kaltara

id Perekrutan, CPNS,Pemprov,Jabar,Belajar

Teknis Penerimaan CPNS, BKD Jabar 'Belajar' ke Kaltara

KUNKER : Asisten III Setprov Kaltara H Zainuddin HZ saat menerima kunjungan kerja BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, kemarin (16/4). (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Tak hanya diapresiasi oleh pemerintah pusat, keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2014 dan 2017 turut mendapat perhatian pemerintah daerah lain. Pemprov Jawa Barat (Jabar) salah satunya, yang kemarin (16/4) berkunjung ke Kaltara, untuk 'belajar' tentang pelaksanaan perekrutan CPNS.

Rombongan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi dan BKD kabupaten/kota se-Jabar diterima oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Zainuddin HZ yang didampingi Kepala BKD Kaltara Muhammad Ishak.

Zainuddin mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jabar ini, bertujuan untuk melakukan konsultasi teknis, terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS di lingkup Pemprov Kaltara. Mulai dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hingga seleksi Kompetensi Bidang (SKB). “Jabar terakhir kali melakukan rekrutmen CPNS pada awal 2014, sehingga teknis pelaksanaan pasti berubah, utamanya SKB, yang baru ada pada 2017," kata Zainuddin. Jabar sendiri, diinformasikan akan melakukan perekrutan CPNS, menyusul keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI membuka kembali formasi untuk penerimaan CPNS di seluruh Indonesia.

Di tempat yang sama, Kepala BKD Kaltara Muhammad Ishak membeberkan kronologis hingga Pemprov Kaltara bisa mendapatkan jatah formasi CPNS pada 2017. Sementara pada saat itu masih moratorium. "Dari segi jumlah pegawai, Kaltara masih sangat kekurangan. Kita sampaikan data-data yang riil tentang berapa jumlah PNS kita Selain itu, Gubernur Kaltara intens berkomunikasi dengan MenPAN-RB bahkan Presiden Joko Widodo, sehingga Kaltara dipercaya melakukan rekrutmen pelaksanaan penerimaan CPNS 2017," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan penjelasan singkat mengenai teknis bagaimana pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2017 di Kaltara, Zainuddin juga memberikan sedikit paparan terkait 11 Program Prioritas Provinsi Kaltara yang telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN).