Kamis, Hasil UN se-Kaltara Diumumkan

id Hasil, Ujian, Nasional,SMA/SMK, Kaltara

Kamis, Hasil UN se-Kaltara Diumumkan

UJIAN NASIONAL : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau pelaksanaan UN di Kaltara, beberapa waktu lalu. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Rencananya Kamis (3/5), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK se-Kaltara. Ini disampaikan Kepala Disdikbud Provinsi Kaltara Sigit Muryono, Selasa (1/5). "Pengumuman hasil UN ini dilakukan setelah Kemendikbud menyerahkan hasil UN kepada Disdikbud dan Cabdisdikbud (Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) untuk selanjutnya diserahkan kepada kepala sekolah masing-masing untuk diumumkan kepada siswanya," kata Sigit.

Disdikbud sendiri telah menyerahkan hasil UN itu kepada masing-masing kepala Cabdisdikbud di Kaltara pada Selasa kemarin di Tarakan. "Yang patut diketahui, hasil UN ini tak menentukan kelulusan. Hanya saja, diperlukan bagi siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebaliknya, yang menentukan kelulusan siswa itu, salah satunya adalah USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional). Dari itu, nilai USBN-nya harus baik," ucap Sigit.

Standar kelulusan lainnya, siswa telah mengikuti seluruh proses pembelajaran selama tiga tahun, bersikap dan berperilaku baik, lulus USBN dan pernah mengikuti UN minimal 1 kali. "Jadi, nilai UN tak begitu berpengaruh terhadap kelulusan. Tapi jangan diabaikan karena penting untuk melanjutkan kuliah," urai Sigit.

Dari pelaksanaan UN sendiri, di Kaltara jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 5.517 orang. Tapi, dalam pelaksanaannya, ada 17 peserta UN yang tidak mengikutinya karena berhenti sekolah. "Dari peserta yang mengikuti UN di hari H sebanyak 5.500 siswa, 7 siswa akan mengikuti UN Susulan. UN Susulan ini digelar seminggu setelah pelaksanaan UN," tuntasnya. Sebagai informasi, rencananya pada Jumat (4/5) hasil USBN se-Kaltara akan diumumkan.