37 ASN Ikut Ujian Dinas

id Ujian, Dinas, Aparatur, Sipil, Negara

37 ASN Ikut Ujian Dinas

UJIAN DINAS : Pelaksanaan ujian dinas sesi wawancara bagi ASN lingkup Pemprov Kaltara, Selasa (16/10). (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) – Untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Ujian Dinas Tingkat (TK) I dan TK II serta ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. Kepala BKD Kaltara Muhammad Ishak menyatakan, sebanyak 37 ASN mengikuti ujian dinas yang meliputi Ujian Dinas TK I sebanyak 15 orang, Ujian Dinas TK II 4 orang, ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah SMA 3 orang, serta ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah sarjana 15 orang. “Sebelumnya 47 orang mendaftar ujian dinas ini, namun yang hadir hanya 37 orang,” ungkap Ishak.

Dijelaskan Ishak, Ujian Dinas TK I merupakan ujian dinas bagi ASN yang bergolong 2D ke 3A. Lalu, Ujian Dinas TK II merupakan ujian dinas bagi ASN yang bergolongan 3D ke 4A. Dan, ujian kenaikan pangkat dengan penyesuaian ijazah SMA menuju sarjana, dan dari sarjana ke magister. “Ujian dinas ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yakni ujian tertulis dengan sistem komputerisasi melalui metode Computer Assisted Test (CAT) yang diawasi pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional Banjarmasin. Lalu, ujian wawancara dengan tim penilai dari BKD, BPSDM, Biro Hukum, Biro Organisasi dan Inspektorat Kaltara,” papar Ishak.

Ujian dinas digelar selama 2 hari, sejak 15 hingga 16 Oktober. “Bobot nilainya, untuk seleksi wawancara 70 persen, dan ujian tertulis 30 persen. Bagi peserta yang tidak memenuhi bobot nilai yang ditentukan, maka dinyatakan tidak lulus atau tidak dapat naik golongan. Kalau yang penyesuaian ijazah, berarti tidak dapat meyesuaikan ijazahnya,” pungkas Ishak.