Persiapan Kunker Ketua Dekranas, Hari Ini Tim dari Pusat ke Tarakan

id Ketua, Dekranas,Rapat,Persiapan

Persiapan Kunker Ketua Dekranas, Hari Ini Tim dari Pusat ke Tarakan

PERSIAPAN : Rapat persiapan menjelang kunjungan Hj Mufidah Jusuf Kalla yang dilangsungkan di Sekretariat Wapres, Jumat (18/1). (humasprovkaltara)

Jakarta (Antaranews Kaltara) – Untuk memantapkan rencana kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Mufidah Jusuf Kalla ke Kalimantan Utara (Kaltara), Jumat (18/1) lalu digelar rapat persiapan yang dilangsungkan di Kantor Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Jakarta.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Suriansyah mengungkapkan, selain dirinya turut hadir dalam pertemuan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kaltara Hj Rita Ratina Irianto, Ketua Darma Wanita Persatuan, serta beberapa pimpinan OPD terkait di Kaltara. Sementara dari pusat, ada tim panitia kegiatan dari Kementerian Koperasi dan UMKM, serta dari pihak Setwapres. “Dalam pertemuan ini, pembahasan utamanya adalah menyiapkan rencana kedatangan Ibu Jusuf Kalla ke Kaltara. Termasuk rencana kegiatan rapat kerja, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM yang bekerja sama dengan Dekranas,” ungkap H Suriansyah.

Diungkapkan, kegiatan yang rencananya dipusatkan di Kota Tarakan itu, merupakan gawean dari Kementarian Koperasi dan UMKM. Dalam hal ini melibatkan Dekranas dan juga Tim Penggerak PKK. “Lokasi kegiatan sudah dipastikan di Tarakan. Acara pertama dimulai pada Rabu (23/1). Kemudian keesokan harinya, Kamis (24/1) ada Ibu Mufidah hadir dalam kegiatan itu,” terangnya. Kegiatan ini, lanjut Sekprov, berkaitan dengan pemberdayaan UMKM, melalui kerja sama Dekranas dan TP PKK.

Sebagai tindak lanjut dari rapat itu, hari ini, Senin (21/1) dijadwalkan ada tim dari Kementerian Koperasi dan UMKM, serta Setwapres akan datang ke Tarakan. Termasuk juga ada beberapa anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk persiapan pengamanan Ketua Dekranas yang juga merupakan istri dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla itu. “Ada dua rencana kegiatan Ibu Mufidah Jusuf Kalla di Tarakan. Namun masih tentatif, menunggu kepastian kedatangan tim nanti. Pertama menghadiri kegiatan utama yang dilangsungkan di Tarakan Plaza, dan kedua mengunjungi Balai Adat Tidung. Untuk yang kedua ini yang belum pasti,” jelasnya.

Di samping menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM, kedatangan Hj Mufidah Jusuf Kalla di Kota Tarakan juga untuk melihat hasil-hasil industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari kabupaten-kota di Provinsi Kaltara.

Suriansyah memastikan, persiapan dari pemerintah daerah sudah tidak ada masalah. Tinggal mematangkan saja. Dirinya pun telah meninjau beberapa objek yang rencananya akan dikunjungi. “Pada hari pertama (23/1) rencananya akan datang juga Ibu Bintang Puspita, istri dari Menteri Koperasi dan UKM, mengikuti dilaksanakan sosialisasi program Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), hadir 200 orang peserta dan rencananya akan dibuka oleh Bapak Gubernur,” jelasnya.

Lima kegiatan lainnya yang dilaksanakan di tempat berbeda-beda berupa pelatihan vokasional 30 orang, pelatihan perkoperasian 30 orang, pelatihan kewirausahaan 40 orang, temu mitra KUKM produk unggulan daerah 45 orang, dan konsultasi desain kemasan dan pemberkasan pendaftaran milik produk 50 orang.