Kemenkes Kucurkan Rp 15 M untuk Alkes 2 RS Pratama

id Alat,Kesehatan,RS Pratama

Kemenkes Kucurkan Rp 15 M untuk Alkes 2 RS Pratama

Gambar Ilustrasi (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Pada 2020, dua rumah sakit (RS) pratama di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yakni RS Pratama Krayan dan Sebuku bakal menerima kucuran anggaran pengadaan alat kesehatan (Alkes) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) senilai Rp 15 miliar. Ini disampaikan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara, Usman saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Usman, dukungan pendanaan dari Kemenkes tersebut harus segera direalisasikan sesuai peruntukannya. “Untuk saat ini, Dinkes provinsi dan kabupaten/kota terus berkoordinasi dengan Kemenkes sembari menunggu pemanggilan untuk memenuhi kelengkapan administrasi yang dibutuhkan serta memaparkan kondisi RS Pratama,” tutur Usman.

Apabila anggaran pengadaan alkes telah tersedia, Kemenkes berharap dapat segera dilakukan pengadaan. Utamanya, pengadaan alkes yang benar-benar dapat dioperasikan. “Cukup banyak kebutuhan alkes di kedua RS Pratama itu. Seperti radiologi, USG, alat operasi, anastesi, peralatan laboratorium dan lainnya,” ujar Usman.

Setelah alkes terpenuhi, kebutuhan RS pratama lainnya adalah tenaga kesehatan. Utamanya, dokter spesialis dan dokter internship. “Untuk tenaga kesehatan, pembayaran gajinya dibebankan kepada pemerintah kabupaten bersangkutan,” tutur Usman.

Diinformasikan, selain RS Pratama Krayan dan Sebuku, ada satu lagi RS Pratama yang dibangun di Kaltara. Yakni RS Pratama Sebatik. Untuk saat ini, RS Pratama Sebatik paling siap untuk dioperasikan karena alkes dan tenaga kesehatannya sudah tersedia. Pengoperasiannya menanti kepastian dari pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Usulkan Rp 29,7 Miliar untuk Alkes 2 RS Pratama
Baca juga: Pemprov Usulkan Rp 65 Miliar untuk Alkes RS Pratama