Teknologi peringatan bahaya gempa bumi di Xiaomi

id Xiaomi peringatan gempa

Teknologi peringatan bahaya gempa bumi di Xiaomi

Xiaomi Redmi Note 8 Pro. (Antaranews) (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Xiaomi resmi mengumumkan fungsi peringatan bahaya gempa bumi telah diintegerasikan ke dalam antarmuka MIUI dalam konferensi tahunan Mi Developer Conference di Beijing, Selasa (19/11).


"Dengan bantuan strategi dual core Smartphone + AIoT, Xiaomi akan melanjutkan upaya membuat 5G + AIoT menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari setiap orang," kata pendiri, presiden dan CEO Xiaomi Lei Jun dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Di luar rencana pemasaran 10 perangkat 5G pada 2020, kami akan memanfaatkan betul posisi kepemimpinan kami di bidang AIoT untuk menghadirkan definisi Smart Home kepada semua orang," lanjut dia.

Xiaomi mengklaim menjadi perusahaan pertama yang berhasil mengintegrasikan layanan peringatan dini gempa ke dalam sistem operasi.

Dengan pengintegrasian ini, peringatan terjadinya gempa akan dikirimkan ke smartphone yang beroperasi dengan MIUI 11 dan Mi TV hanya hitungan detik sebelum gelombang gempa tiba.

Fitur ini diluncurkan pada 20 September lalu, dan masih pada tahap uji coba ketika MIUI 11 dirilis.

Bekerja sama dengan Institute of Care-life, sebuah organisasi yang berpangkalan di Chengdu dan berfokus pada peringatan bencana alam, Xiaomi telah mengaktifkan layanan ini untuk pertama kali di Provinsi Sichuan.

Kawasan tersebut memiliki intensitas gempa yang tinggi, dan nantinya akan menyebarluaskan program ini ke tingkat nasional dan lebih jauh lagi.

Berbeda dengan peringatan bahaya gempa yang dikirimkan via aplikasi smartphone, seperti yang tersedia di beberapa negara, fungsi ini diintegrasikan ke dalam sistem operasi untuk memastikan waktu pengiriman tanda bahaya tidak akan terlalu terdampak oleh faktor-faktor seperti koneksi Internet.

General Manager di departemen platform IoT Xiaomi, Fan Dian, mengatakan smartphone dan provider IoT lain juga bisa mengadopsi fungsi tersebut.

Dia mengatakan Xiaomi akan terbuka untuk berbagi praktik dan pengalaman pengaplikasian fungsi tersebut.

Baca juga:Xiaomi akan tingkatkan investasi di Indonesia

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 8 tersedia di seluruh Indonesia pekan ini

Baca juga:Xiaomi Mi Note 10 meluncur dengan 108MP penta-cam
Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri