MUPR luruskan Istana tidak banjir

id Istana banjir

MUPR luruskan Istana tidak banjir

Istana tidak banjir, hanya air mau masuk drainase

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa kawasan Istana Kepresidenan Jakarta tidak kebanjiran pada Selasapagi.

"Istana mana? Mana? Tidak ada banjir, saya pukul 06.00 WIB di sini," kata Basuki di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Sebelumnya Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui pesan singkat sempat mengonfirmasi bahwa istana banjir.

Pramono menunjukkan foto dan video petugas Istana membersihkan genangan air di sejumlah lokasi di komplek Istana Kepresidenan.

Foto tersebut menunjukkan halaman depan Masjid Baiturrahim yang berada di sisi sebelah kanan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, terendam air.

Baca juga:Kawasan istana kepresidenan sempat kebanjiran
Baca juga:Ini penjelasan resmi penyebab banjir depan istana
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/2/2020). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Namun pada sekitar pukul 07.00 WIB, air sudah mulai surut. "Di sini kan saya taruh 2 pompa, jadi aman," kataBasuki.

"Bukan banjir, air yang mau masuk ke drainase," ungkap Basuki.

Istana Kepresidenan sebelumnya diketahui mengalami banjir pada 2013 dengan ketinggian air sekitar 30 dentimeter di sekitar Wisma Negara, yang berada di tengah Istana Merdeka dan Istana Negara.

Selanjutnya pada 2015, komplek Istana Kepresidenan sempat kebanjiran. Genangan air mencapai 30 cm dan menggenangi sekitar Wisma Negara.
Baca juga:Genangan air di Istana Negara pagi ini sudah hilang Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Sri Muryono