Alhamdulilah, sudah ada APD "made in" Samarinda

id Apd corona samarinda

Alhamdulilah, sudah ada APD "made in" Samarinda

Sudah Ada APD Buatan Samarinda

Tanjung Selor (ANTARA) - Kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) menghadapi pasien COVID-19 jadi problema nasional tapi agaknya kini persoalan itu bisa diatasi di Kota Samarinda, Kaltim paling tidak untuk memenuhi kebutuhan sendiri, khususnya masker dan baju hazmat.

“Alhamdullilah ada usaha konveksi di Samarinda yang sudah beberapa hari ini melakukan diversifikasi usahanya dengan fokus membantu produksi baju hazmat dan masker ini, namanya Muharram Konveksi di Jalan Rapak Mahang Kelurahan Sungai Kapih, Sambutan.” Kata Muhammad Faisal Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda dalam siaran pers diterima Rabu.

Petugas Disperindag mengunjungi workshopnya tadi pagi.
Sudah Ada APD Buatan Samarinda


Tempat kerja minimalis tapi terlihat nyaman dengan pekerja sebanyak 30 orang.

Awalnya memang mereka fokus ke konveksi baju, kaos, jaket, tas, terpal seperti juga usaha sejenis.

Pengusaha akhirnya berinisiatif membuat APD, walau agak kesulitan dengan bahan baku yang susah dicari dan mahal.

Hal itu, katanya sesuai harapan wali kota Samarinda yang menginginkan agar pengusaha lokal dapat berperan membantu pemenuhan kebutuhan APD.

Sementara itu, Memed panggilan akrab pimpinan Muharram Konveksi menjelaskan bahwa mereka sekarang mulai fokus membantu produksi APD terutama baju hazmat dan masker.

“Kami mampu memproduksi sekitar 20 baju hazmat dan 1000 masker setiap harinya saat ini, mudahan dengan nanti bertambahnya mesin jahit kami bisa produksi lebih banyak lagi.” Ujarnya.
Sudah Ada APD Buatan Samarinda




Memang produksi tidak hanya terpusat di Sambutan tapi ada lagi tempat di Palaran dan Gg Dharma serta beberapa penjahir di rumah masing-masing yang diberdayakan untuk membantu jika ada produksi yang banyak.


“Memang hambatan utama adalah susahnya dan mahalnya pasokan bahan baku serta masih kekurangan mesin untuk produksi, saat ini kami baru mempunyai 40 mesin Jahir beragam type untuk mendukung usaha ini. Hal-hal lain untuk informasi dan pemesanan bisa menghubungi Arinovita 081350787530. ” katanya bersemangat.

Baca juga: Tak usah mudik !

Baca juga: Ketua DPRD Kaltara: patuhi maklumat Kapolri cegah COVID-19

Baca juga: 3 orang di Bulungan berstatus PDP