13 personel bandara Juwata dapat penghargaan Dirjen Perhubungan Udara

id Bandara

13 personel bandara Juwata dapat penghargaan Dirjen Perhubungan Udara

Direktorat Jenderal Pehubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan Elfi Amir memberikan piagam penghargaan kepada 13 personel keamanan penerbangan kantor UPBU Kelas I Utama Juwata Tarakan di Terminal Bandara Lama, Jumat (2/10). Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pehubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan Elfi Amir memberikan piagam penghargaan kepada 13 personel keamanan penerbangan kantor UPBU Kelas I Utama Juwata Tarakan di Terminal Bandara Lama, Jumat.

"Personel keamanan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Juwata - Tarakan yang telah berhasil menggagalkan berbagai upaya penyelundupan narkoba," kata Elfi Amir.

Baik melalui Terminal Penumpang maupun Terminal Kargo Bandar Udara Internasional Juwata - Tarakan.

Pada dasarnya, setiap penumpang, personel pesawat udara, orang perseorangan dan barang yang akan masuk ke wilayah daerah keamanan terbatas di Bandar Udara harus dilakukan pemeriksaan keamanan.

Agar tercapainya slogan dari Dirjen Perhubungan Udara yaitu 3S + 1C (Safety (Keselamatan), Security (Keamanan) dan Services (Pelayanan) serta Compliance (Pemenuhan terhadap aturan yang berlaku).

Pemeriksaan Keamanan tersebut merupakan kegiatan utama dari personel keamanan penerbangan yang harus dilakukan untuk mencapi tujuan penyelenggaran kegiatan di Bandar udara berjalan dengan aman dan nyaman.

"Mengingat aspek keamanan dan keselamatan penerbangan bukanlah hal yang ringan dan mudah serta selalu dalam pengawasan dunia internasional," kata Elfi.

Maka sangat diperlukan adanya langkah-langkah peningkatan kegiatan keamanan penerbangan yang dilakukan oleh personel keamanan penerbangan.

Pada prinsipnya, tugas pokok utama dari personel keamanan Bandar udara harus memastikan penumpang, personel pesawat udara dan barang bawaan.

Sertw orang yang memasuki daerah keamanan terbatas dan/atau ruang tunggu tidak membawa barang dilarang yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan melawan hukum dalam penerbangan.

Sementara itu, Kepada Kantor UPBU Kelas I Utama Juwata Tarakan Agus Priyanto berharap, dengan pemberian penghargaan atau apresiasi ini, akan ada bimbingan teknis peningkatan kemampuan bagi petugas keamanan penerbangan.

“Saya sudah sampaikan agar kami diberikan bimtek untuk meningkatkan kemampuan. Pemberian penghargaan dan bimtek bisa meningkatkan motivasi mereka untuk mengagalkan upaya penyeludan narkoba melalui bandara Tarakan yang notabene Tarakan gerbang dari Malaysia,” kata Agus.

Personel keamanannya selalu meningkatkan kemampuan dan mereka tidak kendor dalam melaksanakan tugas mereka sebagai keamanan di Bandara Juwata.
Baca juga: Ditangkap, pelaku pelecehan saat rapid test di bandara
Baca juga: Enam penumpang positif, Batik Air dilarang ke Bandara Supadio
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar