Personel Satgas TMMD dan warga lokasi kegiatan rutin periksa kesehatan

id TMMD

Personel Satgas TMMD dan warga lokasi kegiatan rutin periksa kesehatan

Personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa dan warga di Kelurahan Karang Harapan lokasi kegiatan  pelaksanaan TMMD, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Dokumen Kodim 0907/Tarakan

Tarakan (ANTARA) - Personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa dan warga di Kelurahan Karang Harapan lokasi kegiatan pelaksanaan TMMD, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Petugas Kesehatan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke - 109 Kodim 0907/Tarakan rutin melakukan pengecekan terhadap kesehatan prajurit maupun warga setempat sebelum mengawali kegiatan fisik di sasaran.

"Dihadapkan dengan tugas yang berat serta menguras tenaga, kesehatan tubuh dari Tim Satgas TMMD ini harus di perhatikan guna menunjang tugas kedepannya,”ucap Koptu Purnomo di Tarakan, Rabu.

Koptu Purnomo merupakan team kesehatan dari Poliklinik Kesehatan Kodim 0907/Tarakan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada personel Satgas maupun masyarakat di lokasi sasaran TMMD di Tarakan.

Secara bergantian mereka rutin menemani dan melayani Tim Satgas TMMD serta masyarakat yang ingin berobat. Bagi yang mempunyai keluhan dan mengalami sakit Tim Kesehatan yang bertugas saat itu akan memberikan pertolongan pertama, berupa obat serta pencegahannya.

Purnomo mengatakan pengecekan ini ditujukan untuk memastikan kesehatan semua kalangan, baik dari anggota Satgas TMMD dan masyarakat terjaga guna mendukung pelaksanaan TMMD ini.

Dihadapkan dengan cuaca yang sering berubah –ubah, hal ini tentu dapat menurunkan kondisi fisik satgas dan masyarakat.

"Oleh karena itu dengan mempersiapkan secara dini melakukan 'check up' kesehatan, apabila daya tahan tubuh mereka melemah dapat dengan cepat diobati," katanya.

Sementara itu, pengerjaan sasaran fisik utama pembangunan jembatan dan akses jalan di Kelurahan Karang Harapan, Kecamatan Tarakan terus dikebut hingga malam hari.

Kopi hitam dan cemilan menambah keakraban Satgas TMMD ke-109 bersama warga disela - sela pengerjaan akses jalan sepanjang 1.100 meter.

"Disisi pengerjaan terus dilakukan secara gotong-royong. Suasana ketika istirahat untuk ngobrol dan ngopi seperti ini bisa mempererat kebersamaan untuk terus semangat," kata Komandan Satuan Setingkt Kompi (SSK), Kapten Inf Fattah Setiawan.

Senada dengan Kapten Inf Fattah Setiawan. Salah satu warga Karang Harapan yang ikut mengerahkan tenaga dalam kegiatan TMMD ini mengaku senang bisa berkontribusi dalam pengerjaan fisik secara gotong-royong yang diselingi rasa persaudaraan.

"Kendalanya cuma cuaca, selebihnya kita bekerja dengan bapak-bapak TNI selalu gotong-royong. Tidak ada saling perintah, tidak ada yang keja sendirian. Kalau capek, istirahat sebentar abis itu dilanjut lagi," katanya.
Baca juga: Satgas TMMD bersama warga selesaikan pengerjaan jembatan di Tarakan
Baca juga: Renovasi dua Gereja dalam program TMMD di Tarakan mencapai 96 persen



Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar