Mobile PCR Lab Tiba di Tanjung Selor

id Mobile,PCR, Kaltara

Mobile PCR Lab Tiba di Tanjung Selor

Gambar Infografis (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - TANJUNG SELOR – Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Bergerak atau Mobile PCR Lab, Selasa (8/11) siang, tiba di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Mobile PCR Lab ini untuk sementara waktu akan ditempatkan di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Hal ini agar teknisi dapat mempersiapkan Mobile Lab PCR sebelum dioperasikan.

Mobile PCR Lab sendiri dilengkapi 30 jenis peralatan laboratorium yang dipadukan menjadi satu sistem. Dan, saat dibeli, sudah termasuk reagen untuk pengujian hingga 1.000 sampel. “Begitu turun landasan akan langsung dirakit, dan alat-alat semua akan langsung dipasang. Ini agar Mobile PCR Lab segera dapat beroperasi pada bulan ini juga,” kata Kepala Dinkes Provinsi Kaltara, Usman.

Sebagai informasi, dalam upaya memaksimalkan penanganan Covid-19 di Provinsi Kaltara, Pemprov melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-Perubahan 2020 mengelontorkan dana Rp 20 miliar lebih untuk mendatangkan Mobile PCR Lab.

Mobile PCR Lab, kata Usman, dapat memeriksa sampel 1.600 per 24 jam, sehingga kebutuhan Kaltara dijamin terpenuhi. “Bahkan tidak hanya Kaltara, provinsi tetangga bahkan negara tetangga juga tidak menutup kemungkinan bisa mengirim sampel untuk diperiksa disini,” ungkapnya. Selain berfungsi untuk pemeriksanaan Covid-19, Mobile PCR Lab juga dapat digunakan untuk pemeriksaan penyakit menular lainnya. Seperti TBC, HIV, Typoid, Hepatitis, dan DBD. Dan hasilnya dapat langsung diketahui dalam kurun waktu 2 jam.