Personel Yonif Raider 613/Raja Alam dikirim ke Papua untuk pamtas

id Kodam

Personel Yonif Raider 613/Raja Alam dikirim ke Papua untuk pamtas

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto didampingi Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno melakukan pengecekan kesiapan atau gelar pasukan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 613/Raja Alam, Tarakan, Rabu (24/3). Dokumen Pendim 0907/Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Personel Yonif Raider 613/Raja Alam dikirim ke Papua untuk diperbantukan pengamanan perbatasan RI - Papua Nugini mengantikan Yonif Raider 900/ Satya Bhakti Wirottama.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto didampingi Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno melakukan pengecekan kesiapan atau gelar pasukan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 613/Raja Alam, Tarakan, Rabu.

"Satgas Yonif Raider 613/Raja Alam dalam operasi pamtas RI - Papua Nugini harus mampu dan bisa mengaplikasikan latihan pratugas yang sudah diberikan baik taktik dan teknik bertempur," kata Heri.

Selain itu, kemampuan pembinaan teritorial dan intelijen serta prosedur hukum dalam setiap kegiatan operasi.

Pangdam langsung mengecek seluruh kesiapan prajurit termasuk persenjataan dan perlengkapan yang akan digunakan selama menjalankan tugas pengamanan di wilayah Papua.

"Tugas pengamanan daerah rawan yang akan diemban adalah tugas kehormatan dan sekaligus kepercayaan yang harus kalian di
emban, untuk itu kepada seluruh unsur komandan agar memahami tugas pokok Satgas dan mempertahankan kesatuan komando dalam bertindak," katanya.

Setelah melaksanakan berbagai tahapan persiapan tugas operasi yang merupakan mekanisme sebelum Satgas berangkat, hal itu menjadi tolak ukur kepada seluruh prajurit Satgas di daerah operasi nantinya.

"Kepekaan naluri prajurit yang tajam saat berada di daerah operasi harus dipegang masing-masing untuk menjaga faktor keamanan, karena saat berada di daerah operasi tidak ada istilah kondisi aman," kata Heri.

Pangdam juga berpesan,agar setiap prajurit meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yakinkan pada diri masing-masing bahwa tugas ini adalah tugas mulia dan ladang amal ibadah yang harus dilaksanakan secara ikhlas sehingga terlahir sikap memberikan dharma bakti terbaik.

Pangdam mengatakan suatu kebanggaan kepada Yonif Raider 613/Raja Alam yang akan melaksanakan Tugas Operasi mewakili Kodam VI/Mulawarman, sehingga semua prajurit dapat menjaga kehormatan tersebut, selamat bertugas.

"Saya berharap kalian Berangkat dengan jumlah 450 dan kembali utuh 450," katanya.
Baca juga: Bersama TNI/Polri dan Tokoh Masyarakat, Gubernur Hadiri Syukuran HUT Kodam VI/Mulawarman
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar