Pemkot Tarakan meraih Merdeka Award terkait penanganan dampak pandemi

id Umkm

Pemkot Tarakan meraih Merdeka Award terkait penanganan dampak pandemi

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, secara langsung menyerahkan penghargaan bertajuk Merdeka Award kepada Wali Kota Tarakan Khairul di Jakarta, Rabu (31/3). Dokumen Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Pemkot Tarakan meraih Merdeka Award dalam penanganan dampak pandemi khususnya dalam melindungi masyarakat pelaku UMKM.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami di Pemkot Tarakan untuk terus berkiprah memberi yang terbaik untuk masyarakat,” kata Wali Kota Tarakan, Khairul di Jakarta, Rabu.

Disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indoenesia, K. H. Ma’ruf Amin secara virtual. Kali ini Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, secara langsung menyerahkan penghargaan bertajuk Merdeka Award kepada Khairul.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Menteri Koperasi dan UKM, serta para tim penilai dari Merdeka Award yang telah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Tarakan," kata Wali Kota.

Di samping itu, Pemerintah Kota Tarakan di bawah kepemimpinan Khairul dinilai mampu melindungi para pengusaha batik lokal dengan menyerap hasil produksi untuk digunakan para ASN dan mempromosikan hasil UMKM lokal bahkan hingga ke tingkat nasional.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada daerah-daerah yang mampu menginspirasi di masa-masa pandemi. Kota Tarakan sendiri terpilih sebagai Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM yang dilakukan selama pandemi COVID-19.

Antara lain melalui pemberian relaksasi pajak daerah bagi rumah makan/restoran/cafe dan hotel selama masa Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) pada Maret hingga Juli 2020 lalu.

Dia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar baik di tingkat lokal, nasional, hingga global, namun Pemkot Tarakan akan terus mencari cara agar UMKM terus tumbuh.

Selain itu, terobosan terkini Pemkot Tarakan membentuk Mal Pelayanan Publik dengan segala fasilitas yang memudahkan pelaku UMKM untuk berusaha dengan memberi kemudahan akses atas berbagai layanan publik yang dibutuhkan.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam sambutannya berujar bahwa pandemi ini telah berimbas hingga ke sektor UMKM.

"Sehingga setiap upaya daerah yang mampu memginspirasi harus diberikan apresiasi,” katanya.

Pemerintah juga akan senantiasa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk menjaga asa UMKM melewati masa pandemi dan bangkit berkompetisi di pasar lokal dan global.

Sebagai informasi tambahan, Merdeka Award ini diselenggarakan dalam rangka Ulang Tahun ke-9 merdeka.com. Bersama Wali Kota Tarakan, beberapa Kepala Daerah yang menerima penghargaan yaitu Wali Kota Tangerang Selatan dan Mojokerto, serta Bupati Garut, Karang Anyar, Kulonprogo, Sintang, Subang, dan Tulang Bawang.
Baca juga: Teten dan Zainal berkomitmen kembangkan koperasi dan UMKM di Kaltara
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar