Waspada, potensi hujan lebat disertai kilat

id Bmkg,Prediksi hujan petir,Potensi banjir

Waspada, potensi hujan lebat disertai kilat

Hujan lebat disertai kilat berpotensi terjadi di sebagian wilayah RI

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat disertai kilat dan atau angin kencang dapat terjadi pada Selasa ini di hampir seluruh wilayah di pulau-pulau terbesar di Indonesia.

PrakirawanMarlin Denata dalam keterangan videonya di akun media sosial BMKG diakses dari Jakarta pada Senin malam (17/5), mengatakan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi mengalami angin kencang sementara wilayah lainnya berpotensi terjadi hujan lebat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang pada Selasa ini.

Baca juga: BMKG tegaskan suhu panas Indonesia bukan dari "Heatwave"

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang untuk wilayah Pulau Sumatera, menurut Malina, terjadi di Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu dan Lampung.

Sementara wilayah Pulau Kalimantan, ia mengatakan secara keseluruhan berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Sedangkan untuk wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo juga berpotensi sama.

Baca juga: BMKG prediksi hujan lebat berpotensi banjir di sejumlah daerah Sulsel

BMKG juga memprediksi ada potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi wilayah Indonesia Timur mulai dari Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat dan Papua.

Sedangkan untuk potensi hujan ringan hingga sedang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang dapat terjadi di Bangka Belitung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Baca juga: Sebagian kota besar di Indonesia diguyur hujan ringan hingga sedang

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di sebagian wilayah



Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Agus Salim

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar