Kasus positif bertambah 71 orang di Tarakan dari transmisi lokal

id Covid

Kasus positif bertambah 71 orang di Tarakan dari transmisi lokal

Warga Tarakan mendapatkan vaksin COVID-19. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Kasus positif bertambah 71 orang di Tarakan, Kalimantan Utara dimana penularannya, kebanyakan dari transmisi lokal, hal tersebut menambah jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif menjadi 6.699 orang.

"Hal tersebut berasal juga dari pelaku perjalanan dan kontak erat dari pelaku perjalanan," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Tarakan Devi Ika Indriarti di Tarakan, Kamis.

Dijelaskannya mereka yang terpapar dari kontak erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif sebelumnya. Selain itu, ada juga yang terkonfirmasi baru, karena bergejala dan tes usap antigen hasilnya positif.

Sedangkan pasien positif yang meninggal dunia bertambah satu orang dengan inisial L (43) warga Kelurahan Kampung Satu Skip, Tarakan. Jumlah kumulatif pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 124 orang.

Kemudian kasus probable yang meninggal dunia sebanyak enam orang dan jumlah kasus aktif COVID-19 sebanyak 457 orang.

Pasien yang sembuh alami pertambahan sebanyak 18 orang dan jumlah kumulatif pasien yang sembuh sebanyak 6.118 orang.

Kemudian jumlah kasus suspek yang dipantau saat ini sebanyak 63 orang. Kasus suspek yaitu ,orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir.

Sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal, orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA dan 14 hari terakhir.

Dimana sebelumnya timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19, orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang
membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Selanjutnya jumlah seluruh kontak erat yang sedang dipantau saat ini sebanyak 606 orang. Kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi
COVID-19.

Dinkes mengimbau kepada masyarakat Tarakan agar terus memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga kasus suspek, kasus probable, kontak erat dan kasus konfirmasi.
Baca juga: Kodim 0907/TarakanKembali Berikan Vaksin COVID-19 Pada Masyarakat
Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Artis Dana Christina & Suami terpapar COVID: Belum tahu suami Meninggal