Catatan Ilham Bintang - Surjadi Soedirdja Dalam Kenangan: Semoga Husnul Khotimah, Pak Sur

id Ilham ,Bintang,Catatan,Surjadi Soerdirdja

Catatan Ilham Bintang -  Surjadi Soedirdja Dalam Kenangan: Semoga Husnul Khotimah, Pak Sur

Surjadi Soerdirdja

Jakarta (ANTARA) - Surjadi Soerdirdja ( selanjutnya : Pak Sur) menjadi Gubernur DKI Jakarta 1992-1997. Saya berkenalan semasa almarhum menjabat DKI 1 itu.

Di PWI Jaya, saya menjabat ketua bidang pembelaan wartawan periode almarhum Tarman Azzam menjadi Ketua.

Masa Pak Sur menjadi Gubernur DKI bisa dicatat tidak ada masalah dengan wartawan. Bukan tidak ada masalah di Ibukota. Bukan tidak ada kritik menyorot kebijakan Pemprov DKI. Banyak kritik pers yang bisa bikin panas hati dan merah kuping jajaran Pemprov termasuk Gubernur DKI. Namun, menghadapi semua itu Pak Sur bersikap cool. Pembawaannya yang tenang kebapakan, lebih sering memposisikan dirinya seperti orangtua. "Mau diapain lagi, bisanya kita memang baru segitu," ujanya. Itu ucapan pertama Pak Sur yang mengesankan saya. Ini satu lagi ucapannya saya catat bermakna sangat "dalam". Menanggapi pemberitaan yang sering menyudutkan dirinya, Pak Sur tenang dan memilih bersikap arif. "Saya sih tidak apa-apa. Kalau saya mengamati, sebenarnya yang wartawan sudutkan adalah dirinya sendiri, sebab cara dia mendapatkan dan menuliskan beritanya mengabaikan kode etik professinya sendiri," begitu pandangan Pak Sur.

Ingat, pada masa dia jadi Gubernur DKI, masih masa Orde Baru. Masa pemerintahan represif bagi pers masa itu. Pak Sur berlatar belakang militer, baru lepas menjadi Pangdam jaya (1988-1990) di sela dua tahun menjabat Asospol ABRI (1990-1995) kemudian menjadi Gubernur DKI. Sedikit pun tidak melekat gaya kepemimpinan militeristik selama menjadi DKI 1.
Atau meniru gaya kepemimpinan songong para pejabat sipil. Pembawaan lelaki pendiam itu, memahg tenang dan santun.
Surjadi Soerdirdja



Kampanye Etika Professi

Suatu kali, saya tawarkan kepada Pak Sur program PWI Jaya agar disokong biayanya oleh Pemprov DKI. Pak Sur setuju.
Nama programnya "Kampanye Etika Professi/ Kampanye Etika Pers."

Kampanye KEJ bukan kepada wartswan, tetapi kepada para camat dan lurah di DKI.
Hanya sekali Pak Sur bertanya waktu persentasi program itu.
"Kenapa camat dan lurah? Bukan kepada wartawan ?," tanyanya.

Saya terangkan kepada beliau. Supaya aparat Pemprov mengenali parameter untuk menguji tingkat kepatuhan wartawan dalam melaksanakan tugasnya. Kami akan membagikan buku kode etik jurnalistik. Biar tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan wartawan. Dengan begitu, para camat dan lurah bisa ikut mengontrol dan menangkal secara dini dampak buruk yang timbul akibat pemberitaan.

Persis setelah saya mengatakan Kode Etik Jurnalistik itu sesungguhnya adalah konsep operasional wartawan, Pak Sur ketuk meja. Setuju.

Tidak lama kemudian saya dan anggota tim PWI Jaya pun beredar di beberapa kecamatan dan kelurahan. Sayang program itu berhenti setelah Pak Sur tidak lagi menjabat Gubernur DKI.

Tapi karier politik Pak Sur terus meroket. Menjabat Menteri Dalam Negeri (1999-2001) dan Menkopolhukam (2000- 2004).

Baca juga: Catatan Ilham Bintang -Setelah istri, aktor Anwar Fuady kini kehilangan putra sulung
Baca juga: Catatan Ilham Bintang: Terpapar COVID, penyanyi Fryda Lucyana saksikan pemakaman ayah secara virtual

Surjadi Soerdirdja



Camat, lurah, dan wartawan bodrex

DKI Jakarta terdiri atas satu kabupaten, lima kotamadya, 44 kecamatan, 267 kelurahan --menurut data 2017. Pada masa Pak Sur Gubernur DKI memang belum sebanyak itu.

Menurut peta orgsnisasi PWI Jaya masa itu, kantor Kelurahan dan kecamatan menjadi kantong banyak wartawan bermasalah. Istilah dulu "wartawan bodrex", sekarang "wartawan abal - abal" atau "kaleng-kaleng". Buzzer belum ada.

Setiap hari PWI Jaya menerima pengaduan praktek pemerasan orang yang mencatut nama wartawan kepada camat dan lurah. Rutin "wartawan" mendatangi mereka dengan berbagai modus. Wartawan resmi sudah risih melihat praktek itu di lapangan. Mengganggu pekerjaan mereka.

Dari hasil penelusuran, kebanyakan yang nekad itu bukan wartawan. Hanya pecundang yang mengaku-ngaku wartawan. Mudah dikenali, penuh atribut pers, mulai dari topi, jaket, tas, sampai sepeda motornya. Sticker yang mudah diperoleh di Pasar Senen, mendominasi perangkat kerjanya. Setiap lebaran, natal, tahun baru, mereka bikin list atau datang bergerombol ketemu lurah dan camat. Minta THR. Sampai ada yang tanya, agama mereka apa sih sebenanya? Hari-hari besar keagamaan apa pun, orang- orang itu juga yang datang.

Pernah atas pengaduan masyarakat PWI Jaya yang bekerjasaka dengan pihak kepolisian berhasil menangkap 97 terduga pemerasan. Tapi polisi tidak bisa memproses, karena kurang bukti. Hanya bisa ditahan 1 X 24 jam. Pihak korban tldak berani muncul apalagi membuat pengaduan resmi.

Camat dan lurah bingung. Sulit dia membedakan mana yang wartawan asli mana yang rombengan.
Ketua PWI Jaya Tarman Azzam marah sekali. Dia mendapat laporan keadaan makin parah di lapangan. Ada camat yang terpaksa tidak berani masuk kantor karena ditunggu gerombolan itu di kantornya. Ada juga lurah yang merasa aman karena sudah ketemu selahnya.
Apa itu?
" Anggap saja saya berinfaq, Pak. Kalau ada yang datang, saya bilang sama staf, sudah kasih saja pembeli rokok atau pembeli nasi bungkus. Biar cepat pergi, " kata seorang camat. Itu yang bikin Tarman Azzam makin panas.


Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Artis Dana Christina & Suami terpapar COVID: Belum tahu suami Meninggal
Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Selamat Jalan Pak Harmoko, Yang Selalu " Menang Banyak"
Surjadi Soerdirdja



Jalan satu arah


Pada masa kepemimpinannya di DKI Pak Sur membangun proyek pembangunan rumah susun dan menciptakan kawasan hijau serta memperbanyak daerah resapan air. Adapun proyek kereta api bawah tanah subway dan jalan susun tiga (triple decker) sudah sempat juga diwacanakan masa itu.

Catatan lainnya, Pak Sur berhasil membebaskan jalan-jalan Jakarta dari angkutan becak, suatu program yang telah dimulai sejak gubernur sebelumnya, Pak Wiyogo (Bang Wi).

Selain itu, Pak Sur juga yang memberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) pada sejumlah ruas jalan. Untuk mendukung laju mobilitas penduduk, Jakarta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Adapun pihak swasta membangun sejumlah jalan tol yaitu Tol Dalam Kota, Tol Lingkar Luar, Tol Bandara, serta ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Bogor-Ciawi, dan Jakarta-Merak, yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya.

Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Mantan Pimred Suara Pembaharuan Setiadi Tryman tutup usia
Baca juga: Teguh Esha, novelis "Ali Topan Anak Jalanan" wafat terpapar COVID-19


Par Sur telah tiada. Orang tua itu telah pergi selamanya. Innalillahi Wainailaihi Rojiun
H. Surjadi Soedirdja
bin Achmad Soedirdja, wafat dalam usia 82 tahun, Selasa (3/8) pukul 10.35 WIB di RS Mayapada, Jakarta Selatan. Ia meninggalkan istri: Ibu Sri Soemarsih. Dua anak dan dua menantu:
M.S.Negara (Trees)
& Tanti Nutan.
Jusuf Sanggarabudi (Yossy)
& Hefi. Serta cucu :Ardhan Rhamanov, Putri Nadhira. S.
dan Putra Dewantara.


"Bapak hanya semalam di RS. Hari Senin kami antar ke RS karena muntah- muntah," kata Tress, panggilan akrab Satrianegara, putranya.

Pak Sur sudah cukup lama dirawat di rumah karena stroke. Tiga tahun lalu, bersama sejawat Marah Sakti Siregar, saya membesuk beliau. Masuk kamar tidurnya, kami sempat bicara sebentar.
Beliau tampak senang kami besuk.

Hari itu kami cukup lama di rumah beliau. Berbincang dengan anak dan mantunya. Tress minta saya menemani dia menerima Tim Garuda Indonesia Airways. Oh, iya hampir lupa. Pulang dari Melbourne beberapa hari sebelumnya, tas tangan Ardhan, putra Tress tertinggal di bawah bangku pesawat. Tas bisa dia peroleh kembali, tapi uangnya tidak. Terdiri atas 9 lembar 100 USD dan 10 lembar pecahan Rp. 100 ribu. Peristiwa itu saya beritakan di media. Pihak Garuda pun merespons. Dompet Ardhan berisi uang berhasil ditemukan. Di kantong petugas cleaning service. Hari itu GM Garuda di Bandara Soekarno Hatta, Yanti Siregar mengantarkan ke rumah Pak Sur.
Keluarga Pak Sur sudah seperti keluarga kami. Saya menikahkan anak maupun ulang tahun Pak Sur Ibu datang.

Kami intens berkomunikasi dengan Tress dan istrinya, Tanty.

Pak Sur sosok inspiring. Jejak karirnya di bidang militer dan politik sejak lulus dari Akademi Militer melesat tegak lurus dengan prinsipnya memegang amanah. Hingga di ujung: ketika menjadi Menkopolhukam. Pak Sur kelahiran Batavia 11 Oktober 1938 pernah juga mengikuti pendidikan militer di Perancis pada tahun 1974. Semoga orang tua kita yang baik hati ini, soleh, dan amanah Husnul Khotimah. Al Fatihah


(H. Ilham Bintang,
- wartawan senior dan pengusaha Indonesia juga dikenal sebagai "raja infotainment" serta "pelopor jurnalistik infotainment" di Indonesia.
- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat.
- Pendiri Cek & Ricek).

Surjadi Soerdirdja