Pertamina EP Tarakan Komitmen Mengembangkan dan Jaga Lingkungan Hidup

id Pertamina

Pertamina EP Tarakan Komitmen Mengembangkan dan Jaga Lingkungan Hidup

Manajer PT. Pertamina EP Tarakan Field Isrianto Kurniawan melakukan penanaman Tarap merupakan pohon endemik Kalimantan di Tarakan. ANTARA/HO - PT. Pertamina EP Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - PT. Pertamina EP Tarakan Field berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan menjaga lingkungan hidup.

"Pertamina telah berhasil mengelola kawasan mangrove dan bekantan, pengembangan kawasan taman anggrek dan pelestarian tanaman endemik Kalimantan (tanaman Tarap)," kata Manajer PT. Pertamina EP Tarakan Field Isrianto Kurniawan di Tarakan, Kamis.

Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan terdapat beberapa ekosistem yang kategori langka.

Saat memperingati Hari Konservasi Alam Nasional PT. Pertamina EP Tarakan Field melakukan penanaman pohon endemik pohon Tarap di Kawasan Ekowisata Kelurahan Kampung 4 Tarakan, Selasa (10/8).

"Kesempatan itu, kami melakukan penanaman tanaman endemik jenis tarap yang saat ini hampir punah," kata Isrianto.

Pertamina EP Tarakan sampai saat ini telah menanam sebanyak 100 pohon Tarap di beberapa titik Kota Tarakan. Salah satunya di Stasiun Pengumpul Air (SPA) Pertamina sebanyak 25 pohon.

"Hal ini dilakukan guna melestarikan keanekaragaman hayati serta mendukung program penghijauan di Kota Taraka," katanya.

Sementara itu, Community Development Officer PT Pertamina EP Tarakan Field M. Abrar Putra Siregar menambahkan bahwa dengan adanya program penghijauan ini juga mendukung dalam program ekowisata di kelurahan Kampung 4.

"Aksi Penanaman Pohon Endemik Kalimantan ini kami bersinergi dengan Pepelingasih Indonesia, Karang Taruna Kampung 4 dan Petani Milenial Kampung 4," kata Abrar.

Harapannya dengan adanya sinergi program ini dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Sementara itu, Lurah Kampung 4, Nany Fitriati mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina EP Tarakan Field yang turut membantu melestarikan dan menjaga ekosistem di Tarakan khusunya wilayah Kampung 4.

"Saya berterima kasih kepada Pertamina yang telah membantu menjaga kelestarian lingkungan wilayah kampung 4," kata Nany.

Ia juga mengungkapkan lokasi penanaman pohon endemik ini nantinya akan di jadikan kebun edukasi oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) Karang Taruna Kelurahan kampung 4.

"Jadi kita ada konsep untuk menjadikan tempat ini sebagai edukasi wisata Tanaman endemik khas Kalimantan," katanya.
Baca juga: Kinerja Semester 1 Subholding Upstream Pertamina Capai Target
Baca juga: Pertamina EP Tarakan Siapkan Mobil Operasional Angkut Tabung Oksigen
Manajer PT. Pertamina EP Tarakan Field Isrianto Kurniawan melakukan penanaman Tarap merupakan pohon endemik Kalimantan di Tarakan. ANTARA/HO - PT. Pertamina EP Tarakan.j
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021