Gubernur Kaltara Apresiasi Pengembangbiakan Kambing Boer

id Pemprov

Gubernur Kaltara Apresiasi Pengembangbiakan Kambing Boer

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat meninjau lokasi pengembangbiakan kambing boer di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis (2/9). ANTARA/HO - Dinas KISP Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengapresiasi dengan adanya prakarsa peternakan kambing boer di Tanjung Selor, Bulungan.

"Saya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi adanya prakarsa peternakan kambing oleh pengusaha lokal Bulungan. Ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap daerah salah satunya untuk mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Kambing boer adalah spesies dari Afrika Selatan yang dapat diternakkan. Di Kaltara, kambing boer baru dikembangkan oleh perusahaan Bulungan Mandiri Farm.

“Kambing boer juga dikenal sebagai jenis kambing pedaging karena pertumbuhannya sangat cepat,” katanya.

Zainal menjelaskan, kambing boer dapat dikenali dengan mudah dari tubuhnya yang lebar, panjang, dalam, berbulu putih, berkaki pendek, berhidung cembung, bertelinga panjang menggantung, berkepala warna cokelat kemerahan atau cokelat muda hingga cokelat tua.

“Beberapa kambing boer memiliki garis putih ke bawah di wajahnya. Kulitnya berwarna cokelat yang melindungi dirinya dari kanker kulit akibat sengatan sinar matahari langsung,” jelasnya.
Baca juga: Pemprov Kaltara - BPK Terus Berkoordinasi Awasi Keuangan Daerah
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021