Gubernur Imbau Mahasiswa Asal Kaltara di Samarinda Untuk Kembali ke Daerah

id Pemprov

Gubernur Imbau Mahasiswa Asal Kaltara di Samarinda Untuk Kembali ke Daerah

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang saat melantik pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa Kalimantan Utara di Kota Samarinda (FKMKU-KS). ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang mengimbau mahasiswa asal Kalimantan Utara yang kuliah di Samarinda, Kalimantan Timur untuk kembali ke Kaltara untuk membangun.

“Kita harapkan mereka kembali ke Kaltara untuk membangun Kaltara, baik di bidang pertanian, perikanan atau bidang pariwisata, yang memiliki potensinya masing-masing yang belum dieksplorasi dan dikelola secara profesional,” kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

Sebelumnya Zainal melantik pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa Kalimantan Utara di Kota Samarinda (FKMKU-KS), pada Senin (8/11). Pelantikan pengurus FKMKU-KS ini diikuti dengan kegiatan diskusi terbuka antara mahasiswa dengan Gubernur Kaltara.

Mengusung tema "Peran Mahasiswa Kaltara dan Pemprov Menuju Kaltara Maju" diskusi publik ini dihadiri oleh mahasiswa Kaltara yang sedang melaksanakan studinya di Kota Samarinda.

Gubernur mengatakan kepada mahasiswa agar tidak perlu khawatir tidak mendapat pekerjaan ketika kembali ke Kaltara. Pemerintah akan mendata kegiatan-kegiatan yang nantinya akan menyerap banyak sumber daya manusia.

“Saya yakin kita tidak mau jadi penonton di daerah kita sendiri, harus kita sendiri yang bekerja keras," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa sudah mewanti-wanti pengusaha yang akan masuk daerah Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) untuk mengutamakan tenaga-tenaga lokal karena saya tidak mau mengambil tenaga dari luar daerah.

Zainal menyampaikan bahwa mahasiswa yang baru lulus sarjana memiliki peluang yang sangat besar sebagai generasi penerus untuk membangun Kaltara di beberapa sektor yang saat ini sedang berusaha untuk dikembangkan oleh Pemprov Kaltara.

“Tidak harus menjadi pegawai negeri, masih banyak pekerjaan yang memiliki peluang luas di Kaltara dan mendatangkan profit, seperti menjadi petani milenial,” ujarnya.

Keinginannya untuk mendorong mahasiswa agar dapat berinovasi dan berkreasi membangun usahanya sendiri.

"Saya yakin, mahasiswa Kaltara punya potensi besar untuk membangun, memajukan dan mensejahterakan Kaltara di seluruh sektor," kata Zainal.
Baca juga: Pemprov Kaltara Raih Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021
Baca juga: Gubernur Berharap Potensi Pesepak Bola Kaltara Dapat Mengangkat Nama Daerah
Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang saat melantik pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa Kalimantan Utara di Kota Samarinda (FKMKU-KS). ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara. UU