Kedatangan pesawat ke bandara Juwata Tarakan naik 1,8 persen

id Bandara

Kedatangan pesawat ke bandara Juwata Tarakan naik 1,8 persen

Plt Badan Layanan Umum Kantor Unit Penyelenggara Bandara Juwata Tarakan, Ceppy Triono saat apel penutupan posko Natal dan Tahun Baru di bandara Juwata,Tarakan, Rabu (4/1). ANTARA/Humas Bandara Juwata Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Jumlah kedatangan pesawat selama perayaan Natal dan Tahun Baru ke bandara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara mengalami peningkatan sekitar 1,8 persen.

"Namun maskapai yang melayani penumpang selama posko Natal dan Tahun Baru didominasi pesawat Super Air Jet, Citilink dan Lion Air," kata Plt Badan Layanan Umum Kantor Unit Penyelenggara Bandara Juwata Tarakan, Ceppy Triono di Tarakan, Rabu.

Pergerakan penumpang alami kenaikan signifikan sekitar 50 persen, karena sudah dua tahun mengalami masa pandemi Covid-19 dan tahun ini ada relaksasi sehingga muncul antusias yang cukup signifikan untuk pengguna jasa transportasi udara.

Bahkan tercatat untuk kedatangan penumpang mencapai 1.150 orang dalam satu hari dan kedatangan sekitar 900 orang, cargo sekitar 25 persen untuk kedatangan dan keberangkatan.

Ceppy mengakui prediksi pihak bandara dengan kecenderungan masyarakat yang melakukan keberangkatan dan kedatangan pada tahun ini, di mana puncaknya perjalanan masyarakat menggunakan pesawat pada 29 Desember 2022.

Hal itu di luar dugaan mereka, dan diindikasikan karena telah berubahnya kebijakan antara sebelum dan setelah masa pandemi.

"Kita bersyukur karena posko Natal dan Tahun Baru berdiri dari 17 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 semuanya lancar dan berjalan aman," katanya.

Pihak Bandara Juwata Tarakan juga mengapresiasi keterlibatan satuan lain diantaranya dari aparat TNI, Polri, BMKG, AirNav, KKP, Basarnas, Dinas Perhubungan, pihak maskapai penerbangan dan dan semua mitra kerja yang terlibat dalam kegiatan Posko Natal dan Tahun Baru di Bandar Udara Juwata.
Baca juga: Polri pamerkan lukisan para difabel di Bandara Soetta