Gubernur Kaltara harapkan RKPD 2024 memperkuat daya tahan ekonomi

id Pemprov

Gubernur Kaltara harapkan RKPD 2024 memperkuat daya tahan ekonomi

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu (15/2). ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara mengharapkan konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 fokus dalam upaya memperkuat daya tahan ekonomi serta kemampuan mengakselerasi daya saing.

“Kita berharap pada konsultasi publik RKPD
2024 dapat memperkuat daya tahan ekonomi serta kemampuan mengakselerasi daya saing,” kata Gubernur KaltaraZainalA Paliwang di Tanjung Selor, Kamis.


Selain itu, mengenai pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang, dimana fokus adalah mewujudkan stabilitas di daerah masing-masing.

“Bagi saya stabilitas daerah dapat berdampak pada kelancaran pelaksanaan pembangunan yang telah direncanakan,”katanya.

Selanjutnya mendorong investasi untuk direalisasikan. Momentum peletakan batu pertama di Kawasan Industri Tanah Kuning-Mangkupadi oleh Presiden RI Joko Widodo serta pembangunan PLTA harus didukung.

Sementara itu, untuk kuantitas dan kualitas SDM yang sesuai kebutuhan Industri dan PLTA perlu menjadi perhatian bersama.

Kemudian partisipasi dana CSR/ Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, penguatan kerja sama dengan para mitra pembangunan. Dan peluang pembiayaan pembangunan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha.

“Perlu kita pahami bersama bahwa APBD provinsi dan kabupaten/kota sangat terbatas, untuk itu diperlukan peran dari seluruh pemangku kepentingan di luar pemerintah daerah,” kata Zainal.

Gubernur berharap melalui forum Konsultasi Publik RKPD 2024, dapat menjadi wadah pembentukan komitmen seluruh pemangku kepentingan pembangunan.

Khususnya dalam keterkaitan konsistensi perencanaan, penganggaran dan pengawasan yang tidak terpisahkan dalam tahapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2024.

Seperti diketahui, kabupaten/kota adalah pilar provinsi. Untuk itu guna mewujudkan pembangunan sesuai tema RKPD 2024, Gubernur juga menyebutkan enam isu strategis yang menjadi atensi pemerintah dan 12 fokus pembangunan yang disarikan dari poin isu strategis.

Ia juga mengatakan, guna memenuhi prinsip anggaran berbasis program prioritas, maka penyusunan RKPD tahun 2024 lebih difokuskan pada pemenuhan target kinerja. Yang berkaitan dengan prioritas daerah serta memberikan daya ungkit sehingga berdampak langsung bagi masyarakat Kaltara.

“Harapan saya pada acara konsultasi publik ini benar-benar menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal dokumen RKPD tahun 2024 ini, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan baik,” katanya.